Cara Mengobati Berbagai Penyakit dengan Memanfaatkan Apotek Hidup (Bag. 4)

by
apotek hidup
Selain aman bagi kesehatan karena bahan yang digunakan untuk pengobatan merupakan tanaman yang alami, apotek hidup juga mempunyai keunggulan lain yaitu lebih menghemat biaya sebab tanaman-tanaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat obat atau berbagai bumbu makanan sehari-hari dengan cara yang mudah tentunya.
Artikel kali ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul sama. Adapun pembahasan kali mengenai cara mengatasi berbagai masalah kesehatan, diantaranya: kurang darah, kanker darah (leukemia), kanker payudara, kanker tulang, nafsu makan menurun, kutu air, dan kaki tangan berkeringat. Berikut ulasan lengkap tentang resep untuk mengatasi masalah di atas.

A. Kurang Darah

Dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung zat besi. Sedangkan untuk resep pengobatannya, sediakan 1 butir kuning telur ayam kampong, masukkan 1 sendok makan madu lalu diaduk.

Tambahkan 1 buah perasaan jeruk nipis, 1 genggam bayam duri yang ditumbuk untuk diambil airnya. Semua bahan dijadikan satu, lalu aduk rata. Minum setiap pagi selama seminggu, untuk selanjutnya 2 minggu sekali.

B. Kanker Darah (Leukemia)

Sediakan 20-25 gram daun tapak dara, kemudian adas pulosari secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih. Minum 1 gelas 2 kali sehari secara rutin.

C. Kanker Payudara

Ambil 15 daun sirih merah, rendam 15-30 menit, kemudian tiriskan. Rajang daun dengan lebar irisan 1 cm. Keringkan 1 jam pada tempat yang bersih. Setelah kering simpan di tempat yang bersih, misalnya toples.

Apabila hendak dikonsumsi, ambillah 3-4 lembar rebus sampai mendidih, minum setelah dingin dan disaring.

Resep di atas juga bisa digunakan untuk penyakit diabetes mellitus, maag akut, batu ginjal, ambient, serangan jantung dan stroke.

Pemilihan daun sebagai bahan baku sangatlah penting. Tanaman sirih siap panen minimal 4 bulan. Saat itu sirih merah terdiri atas 16-20 daun. Sedangkan daunnya juga relative lebar, dengan panjang 15-20 cm. Ciri-ciri Daun yang sudah siap dipetik yaitu berusia satu bulan, bersih dan warnanya mengkilap, serta tidak terlalu tua maupun muda.

D. Kanker Tulang

Jika ingin mengobati kanker tulang, silahkan gunakan resep berikut:

Resep #1 
Sediakan kunyit putih seukuran ¼ jari kelingking. Kemudian cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari secara rutin.

Resep #2
Sediakan 7 lembar daun sirsak, kemudian cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. minum 2-3 kali sehari secara rutin. Resep ini juga berlaku bagi penderita kanker otak.

E. Nafsu Makan Menurun

Ambil 1 genggam daun pepaya muda, cuci dan tumbuk halus kemudian tuangkan 1 gelas air matang kemudian peras. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air perasaan tadi. Aduk rata, minum 1 ½ gelas 2 kali sehari.

F. Kutu Air

Lipatan jari tangan atau kaki yang terkena kutu air dicuci bersih dengan sabun. Lalu keringkan handuk bersih. Oleskan minyak kayu putih. Setelah itu taburkan bubuk kopi di jari-jari. Lakukan secara rutin setiap menjelang tidur.

G. Kaki Tangan Berkeringat

Penyakit ini salah satunya disebabkan oleh factor adanya tekanan pada syaraf. Untuk resepnya, sediakan ½ – 2,5 gram kulit kayu manis. Lalu tumbuk dan seduh 1 gelas air panas. Minumlah 2 kali sehari. 

Nah, para pembaca Mag for Beauty, demikianlah ulasan mengenai cara mengobati berbagai penyakit dengan memanfaatkan apotek hidup (bag.4). Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang tanaman obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *