Cara Mengobati Berbagai Penyakit dengan Memanfaatkan Apotek Hidup (Bag. 6 Habis)

by
apotek hidup
Dengan memiliki apotek hidup, lingkungan kita akan menjadi asri, cantik, sehat. Di samping itu, tanaman yang berwarna hijau dapat memberikan efek psikologis bagi orang yang sedang sakit sehingga lebih cepat sembuh. Merawat tanaman juga menjadi sarana bagi kita untuk menggerakkan tubuh dan berolahraga. Alhasil, tubuh kita menjadi sehat dan senantiasa bugar.
Dalam artikel kali ini, Mag for Beauty akan membahas bagian terakhir dari beberapa artikel sebelumnya. Adapun topik yang diulas kali mengenai cara mengobati berbagai penyakit atau masalah kesehatan, diantaranya gangguan paru-paru, penurun panas, perut kembung, pilek, rematik, radang paru-paru, radang usus buntu, radang ginjal, sakit jantung, sakit gigi, sariawan, sulit tidur/insomnia, tifus, tumor, dan tetanus.

A. Gangguan Paru-Paru

Ambil daun ciplukan. Rebus akar, batang dan daunnya dengan 1 ½ gelas air sampai mendidih. Lalu dinginkan, minum 3 kali sehari, lakukan selama 6 bulan.

Penanganan penyakit paru-paru harus dilakukan secara teliti dan membutuhkan waktu. Karena setiap penyakit, tentu ada obatnya.

B. Penurun Panas

Daun beluntas secukupnya, rebus dengan air sampai mendidih lalu seduh dan minum dalam keadaan hangat.

C. Perut Kembung

Sediakan 1 gelas teh panas. Lalu masukkan gula aren dan perasaan 1 buah jeruk nipis. Minum dalam kondisi hangat.

D. Pilek

Sediakan 5 gram kunyit, 5 gram lengkuas, gula aren secukupnya, 10 gram jahe, cabai 25 gram dan 25 gram lempuyang.

Tumbuk semua bahan di atas, rebus dengan air ½ liter sampai tersisa ¼ liter. Minum 3 kali sehari secara teratur.

E. Rematik

Sediakan 5 tangkai daun singkong, beri sedikit daun sirih dan tumbuk sampai lembut. Tempelkan pada bagian yang terasa pegal-pegal akibat rematik. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore sampai sembuh.

F. Radang Paru-Paru

Sediakan 5 buah belimbing manis. Cuci bersih, lalu diparut dan diambil airnya. Tambahkan madu 1 sendok makan. Minumlah 2 kali sehari 2 sendok makan.

G. Radang Usus Buntu

Ambil 2 buah mengkudu yang telah masak, cuci bersih dan diparut, lalu ambil air perasaannya. Tambahkan madu secukupnya. Minum 2 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan.

H. Radang Ginjal

Ambil 10 lembar daun belimbing wuluh tua, 40 lembar daun kumis kucing serta bunganya. Tumbuk semuanya sampai halus, seduh dengan 2 gelas air panas. Minum 3 kali seminggu rutin sampai tubuh lebih sehat.

I. Sakit Jantung

Sediakan 25 gram akar kemangi, 25 gram daun kemangi dan 50 gram biji kemangi, lalu tumbuk sampai halus. Seduh bahan di atas dengan segelas air panas lalu disaring. Masukkan gula are 20 gram. Aduk dan minum.

Tips menjaga kesehatan jantung:
1. Menyeimbangkan kalori yang mauk dalam tubuh dengan meningkatkan aktivitas fisik/olahraga
2. Memiliki berat badan yang ideal
3. Berhenti merokok
4. Kontrol tekanan darah
5. Kontrol kadar kolesterol dalam darah
6. Kontrol kadar gula darah

J. Sakit Gigi

Ambil getah daun jarak pagar secukupnya, lalu teteskan pada kapas. Tempelkan pada gigi yang berlubang.

Catatan: jangan berlebihan dalam menggunakan getah jarak tersebut sebab dapat meyebabkan gigi keropos.

K. Sariawan

Resep #1
Minum jus tomat terdiri 3 buah tomat, tambahkan gula aren/pasir secukupnya.

Resep #2
Sediakan 10 gram kunyit diiris tipis-tipis, 15 gram adas ditumbuk, 20 gram kayu manis ditumbuk, 10 gram daun saga manis, 15 gram daun sembung. Kemudian rebus semua bahan, minum 2 kali sehari.

Selama proses penyembuhan, hindari makanan yang mengandung banyak garam, asam, pedas, dan panas. Tetap lakukan gosok gigi secara biasa untuk mencegah perkembangan kuman.

L. Sulit Tidur/Insomnia

Sediakan 3 gram jintan, 5 gram ketumbar, 10 gram daun pegagan, dan 50 gram daun kangkung. Semua bahan direbus sampai mendidih, minum airnya.

Tips: tidur merupakan aktivitas relaksasi yang menyenangkan. Dimana seluruh anggota tubuh mulai dari otot, saraf, fikiran dan yang lainnya seketika semua istirahat setelah sehari melakukan aktivitas.

Oleh sebab itu, hilangkan semua fikiran tentang hal yang sudah dilakukan sebelumnya dan yang akan dilakukan untuk esoknya. Fokuslah pada waktu istirahat anda.

M. Tifus

Bahan:
Jintan hitam 3 kapsul, sambiloto 15 gram, temulawak 10 gram.

Cara penggunaan:
Didihkan sambiloto dan temulawak selama 30 menit. Ramuan diminum selagi hangat bersama kapsul jintam hitam 3 kali sehari. Untuk pencegahan, cukup 2 kali sehari.

N. Tumor

Sediakan ¼ daun ceremai muda, ¼ daun belimbing, 70 genggam daun bayam merah, ½ pelepah daun pepaya muda dan 2 wortel ukuran jari.

Cuci semua bahan di atas, kemudian giling sampai halus, remas dan rebus dengan 2 gelas iar. Peras lalu ambil airnya. Tambahkan madu 3 sendok makan. Minum 3 kali sehari dengan takaran ½ gelas.

O. Tetanus

Ambil 1 buah jeruk nipis, lalu belah menjadi 2. Panaskan buah jeruk di atas api kecil, kemudian peras/teteskan air jeruk nipis tersebut pada tempat yang luka.

Lakukan dengan segera setelah anggota tubuh yang terluka. Lakukan 2 kali sehari, sampai membaik.

Nah, sekian info tentang cara mengobati berbagai penyakit dengan memanfaatkan apotek hidup bagian terakhir. Semoga ulasan kami dari awal sampai akhir bagian tentang topik ini bisa menjadi rujukan untuk mengatasi masalah kesehatan secara alami dan ekonomis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *