Cara Mengobati Berbagai Penyakit dengan Memanfaatkan Apotek Hidup (Bag. 5)

by
apotek hidup
Manfaat lain dari apotek hidup adalah tumbuhan yang ditanam di sana dapat dibuat menjadi obat herbal yang berhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, ide pembuatan apotek hidup bisa mengasah kemampuan kita dalam memanfaatkan berbagai jenis tanaman khususnya untuk keperluan pengobatan.
Nah, dalam ulasan kali ini, Mag for Beauty akan membahas tentang beberapa resep pengobatan untuk penyakit atau masalah kesehatan seperti lupus, luka bakar, luka memar, malaria, maag, menopause, muntaber, melancarkan ASI, mendengkur, dan napas bau. Apa saja itu? Yuk kita simak keterangan berikut ini.

A. Lupus

Lupus merupakan penyakit aoutoimun sistemik yang ditandai dengan adanya autoantibodi terhadap autoantigen. Awal perjalanan penyakit ini biasanya penderita sendiri tidak mengira jika dirinya terjangkit penyakit lupus. Sering terjadi pula, pada awalnya hanya dikarenakan factor kelelahan akibat aktivitas padat.

Gejala awal yang muncul biasanya lemas, pegal-pegal, sering muntah, lambung perih, dan juga kehilangan keseimbangan tubuh. Berjalannya waktu, penderita biasanya juga terbangun di tengah malam.

Ada beberapa langkah untuk membantu penderita sembuh dari penyakit ini. Selain menjaga asupan makan, tidak terkena sinar matahari yang berlebihan, penderita tidak dianjurkan meminum obat-obatan yang dapat merusak ginjal. Sebab jika ginjal telah rusak, maka akan semakin memperparah kondisi tubuh kita.

Oleh sebab itu, lakukan terapi diri sendiri dengan menjaga sikap dan hati agar senantiasa gembira. Berikut 2 resep untuk mengobati penyakit lupus:

Resep #1
Sediakan 1 genggam daun tapak dara, 1 genggam daun sambiloto dan jahe merah ukuran 1/3 jari kelingking. Semua bahan dijemur namun jangan terlalu kering. Lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minumlah 2 kali sehari.

Resep #2
Sediakan 7 lembar daun sirsak, cuci daun tersebut dan rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari.

B. Luka Bakar

Resep #1
Ambil beberapa daun sirih yang masih sega, peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Tempelkan pada luka.

Resep #2
Ambil daun sosor bebek, tiriskan kemudian dilumatkan dan tambah madu secukupnya. Temple pada luka.

C. Luka Memar

Cara mengatasi luka memar:

Bahan-bahan:
1. Kayu cendana/gosokan kayu cendana
2. Bawang merah 1 siung
3. Bawang putih 1 siung
4. Daun jambu muda 3 lembar
Bahan no 2-4 ditumbuk lalu bubuhkan dari gosokkan kayu cendana dan beri sedikit air. Diamkan beberapa saat sampai ramuan tersebut berwarna kecoklatan.

Cara pemakaian: ambil kapas secukupnya dan celupkan pada ramuan tersebut. Balutkan pada luka memar. Lakukan secara rutin.

D. Malaria

Resep #1
Sediakan 10-15 gram bandotan kering, rebus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Resep #2
Sediakan bunga belimbing manis kering, seduh dengan 1 gelas air mendidih. Minum 2 kali sehari.

E. Maag

Resep #1
Sediakan ½ gelas kacang hijau, 2 siung bawang putih, 5 potong temulawak. Caranya, bawang putih dan temulawak diiris tipis-tipis, lalu masukkan semua bahan direbus dengan 1 ½ gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.

Resep #2
Ambil bemgkuang, parut dan diperas airnya, tambahkan sedikit garam. Minums etiap pagi dan sore.
Tips: jaga pola makan anda, hindari makanan yang terlalu pedas atau asin.

F. Menopause

Menjelang menopause, badan rasanya sakit semua disertai dengan jantung berdebar, sesak napas, susah tidur, perasaan tidak nyaman, dll. Selain istirahat cukup, anda disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran khususnya kangkung. Adapun resepnya sebagai berikut.

Resep #1
Buatlah baluran dari daun dadap serep secukupnya, tumbuk halus. Setelah itu, gunakan untuk tapal perut bagian bawah.

Resep #2
Jika darah haid keluar terlalu banyak/berlebihan, ambil daun pacar 1 genggam, cuci bersih lalu rebus dengan segelas air. Minumlah airnya saat dingin sehabis makan.

G. Muntaber

Sediakan kulit buah delima secukupnya, jinten putih secukupnya, 3 potong jahe, buah pala dan bunganya secukupnya, santan kelapa dan minyak kayu putih.

Tumbuk semua baha di atas kecuali santan dan minyak kayu putih. Masukkan dalam santan kelapa, beri sedikit minyak kayu putih. Lalu lulurkan ramuan tersebut pada bagian perut dan hati. Lakukan secara rutin sampai kondisi membaik.

H. Melancarkan ASI

Resep #1
Sediakan temulawak dan asam jawa, buat seperti minuman biasa, tambahkan gula secukupnya, minum secara rutin.

Resep #2
Daun katu dimasak seperti sayur pada umumnya, atau dibuat lalapan.

I. Mendengkur

Sediakan 2 kuas kunyit, cuci dan pipihkan. Masukkan dalam 1 gelas dan tuang air mendidih, tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin selama 2 minggu, lihat perubahannya.

J. Napas Bau

Sediakan 7 lembar daun sirih, rebus dengan air 1 ½ gelas sampai mendidih. Lakukan 3 kali seminggu untuk berkumur.

Demikianlah info tentang cara memanfaatkan apotek hidup untuk mengobati pennyakit atau masalah kesehatan lainnya. Semoga kita bisa memanfaatkan tanaman di sekitar dengan baik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *