Cara Merawat Rambut dengan Resep Tradisional

by
cara merawat rambut alami
Cara merawat rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan perawatan di salon, mencukupi kebutuhan nutrisi rambut dengan menerapkan pola makan yang baik, atau cukup menggunakan shampoo secara teratur.
Cara-cara menjaga kesehatan rambut tentu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari rambut kita. Sebab, setiap orang biasanya mengalami masalah rambut yang berbeda. Sebagai contoh masalah kesehatan rambut yang sering dialami adalah rambut rontok, berketombe, atau muncul uban sebelum waktunya.

Masalah-masalah di atas tentu sangat mengganggu kita kalau tidak segera diatasi. Nah, untuk menambah referensi atau pengetahuan Anda tentang perawatan rambut, berikut kami sampaikan resep tradisional yang dipakai oleh nenek moyang kita sejak dahulu kala. Karena bisa jadi Anda lebih cocok menggunakan resep tradisional ketimbang bahan-bahan kimiawi yang belum tentu baik untuk kesehatan rambut Anda. Berikut resep-resepnya yang dikutip dari sumber terpercaya:

A. Menghitamkan Rambut

Sangrai biji papaya yang sudah dijemur, lalu haluskan. Oleskan pada rambut, tambahkan sedikit air sambil dipijit-pijit. Diamkan sekitar 40 menit, lalu bilas.

B. Menghitamkan Alis

Sangrai kemiri tapi jangan sampai gosong. Lalu tumbuk dan ambil minyaknya untuk dioleskan pada alis.

C. Mencegah Rambut Rontok

Tuangkan 1 sendok makan madu, 1 sendok the bubuk kayu manis dan minyak zaitun panas secukupnya. Campur 3 bahan tersebut, oleskan pada kulit kepala sambil pijit pelan dan diamkan sekitar 20 menit.

D. Menghilangkan Ketombe

Ambil perasaan 2 buah jeruk nipis dan usapkan pada kulit kepala. Diamkan 30 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan 2 sampai kotembe benar-benar hilang.

E. Mengatasi rambut merah dan bercabang

Daun kangkung yang masih segar dicuci, kemudian dipotong-potong. Masukkan ke dalam panic, tambahkan air bersih sampai kangkung terendam secara keseluruhan, rebus sampai mendidih.
Setelah dingin, airnya digunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut yang telah dicuci sebelumnya. Lakukan seminggu 3 kali sampai terlihat hasilnya.

Nah, sekian ulasan tentang cara merawat rambut dengan resep tradisional. Seimbangkanlah juga dengan pola makan yang sehat, asupan sayuran yang cukup supaya rambut ternutrisi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *