Cara Menjaga Kesehatan Otak

by
Cara Menjaga Kesehatan Otak
Otak adalah tempat untuk menyimpan berbagai memori atau ingatan dalam hidup. Melalui kinerja otak, kita dapat menghapal lagu, mengingat kenangan masa lalu, melamun, berkonsentrasi mengerjakan soal ulangan, dsb. Bahkan, saking beratnya kerja otak, organ ini ternyata lebih banyak menghabiskan kalori dari makanan yang kita konsumsi ketimbang organ-organ lain yang terdapat pada tubuh manusia.
Karena otak merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia, maka sudah sepatutnya bila kita menjaga dan merawatnya agar bisa berfungsi secara maksimal. Jika otak tidak dirawat dan dijaga dengan baik, fungsi otak kita akan terganggu. Adapun gangguan-gangguan yang bisa muncul pada otak yaitu kegilaan/gangguan jiwa, cacat mental, kanker otak, halusinasi, paranoid, dsb. Untuk mencegah gangguan di atas, alangkah baiknya kita perhatikan tips untuk menjaga kesehatan otak berikut ini:
1. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Obat-Obatan Terlarang
Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang akan membuat fungsi otak kita menurun. Selain itu, otak akan menjadi rentan terserang berbagai penyakit dari yang ringan hingga yang berat. 

Ada yang mengatakan bahwa perokok berat apabila berhenti merokok, mereka tidak bisa berpikir. Padahal, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Hal itu lebih dikarenakan sugesti yang tertanam pada pikiran orang tersebut. Menghindari minuman maupun obat-obatan terlarang juga sangat dianjurkan demi kesehatan otak kita untuk jangka panjang.
2. Kurang Tidur dan Mengistirahatkan Otak
Setelah seharian digunakan untuk berpikir, otak kita juga butuh istirahat seperti organ lainnya. sebaiknya kita mengistirahatkan otak beberapa saat jika sering dipakai untuk berpikir berat. 

Mengistirahatkan otak bisa dilakukan dengan tidur-tiduran, mendengarkan music slow, mengobrol santai, nonton film komedi, dsb. Selain itu, tidur yang cukup (6-8 jam/hari) juga bermanfaat untuk menyegarkan otak setelah digunakan untuk berpikir keras.

3. Pola Makan yang Salah dan Tidak Sehat
Konsumsilah makanan bergizi, karena otak manusia membutuhkan suplai nutrisi yang cukup untuk berpikir dan berkembang. Biasakanlah juga untuk sarapan pagi dengan makanan ringan namun kaya akan nutrisi.

Di samping itu, jagalah pola makan anda agar terhindar dari kegemukan. Sebab, obesitas dapat berdampak buruk terhadap kesehatan otak dimana aliran darah ke otak bisa tersumbat. 

4. Kekurangan Oksigen dan Pencemaran Udara
Otak sejatinya membutuhkan oksigen yang cukup untuk beraktivitas secara maksimal. Oleh sebab itu, hindari tempat yang memiliki kadar polusi yang tinggi. Jika perlu gunakan masker ketika keluar rumah atau saat berkendara. Perbaiki juga sirkulasi atau ventilasi udara, jika ruangan terasa pengap atau sumpek.

5. Hindari Berpikir Terlalu Keras
Orang yang stress atau depresi biasanya otaknya digunakan secara terus menerus untuk memikirkan persoalan yang tidak ada ujung pangkalnya. Hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik.

Bila anda mengalami depresi, sebaiknya anda bercurhat kepada teman dekatnya atau bimbingan konseling agar masalah anda cepat teratasi. Jika anda sedang sakit, sebaiknya tidak berpikir yang macam-macam, karena gangguan psikis biasanya berkaitan erat dengan fisik.

6. Jarang Digunakan untuk Berpikir
Jika anda tidak ingin fungsi otak anda menurun atau mengalami kepikunan, anda harus melatih otak anda dengan belajar, berpikir kritis, mengikuti berdebat, bermain permainan puzzle, bermain music, dsb. Jika otak jarang dipakai, otak akan melemah dan menyusut. Akibatnya, anda akan selalu telat berpikir bila diajak berbicara.

7. Lindungi Kepala dari Benturan dan Cedera
Kebiasaan buruk yang mungkin masih kita lakukan hingga saat ini adalah berkendara tanpa menggunakan helm. Padahal, helm memiliki fungsi penting untuk menjaga otak dari benturan jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Gunakan juga topi jika kondisi di luar sedang terik.

Nah, itu tadi 7 tips sederhana untuk menjaga kesehatan otak. Jika kita memenuhi kebutuhan nutrisi maupun menggunakannya secara baik dan optimal, maka kesehatan otak kita akan tetap terjaga hingga tua.


Informasi Kesehatan:

  • cara menjaga otak agar berfungsi secara optimal
  • menjaga kesehatan otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *