Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

by
Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Karena bila jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh berhenti bekerja, maka tamatlah sudah kehidupan manusia. Karena fungsinya yang sangat vital tersebut, maka kita harus menjaga kesehatan jantung sebaik mungkin. Berikut enam langkah sederhana yang bisa kita lakukan agar kesehatan jantung kita terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung
1. Kurangi Makanan Berlemak Jenuh Tinggi
Lemak jenuh mudah diubah menjadi kolesterol jahat yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner. Karena itu, kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, seperti kulit unggas, daging merah (sanding-lamur), dan susu murni. Perbanyaklah mengkonsumsi seafood yang kaya omega-3, sayuran dan buah-buahan yang kaya serat dan vitamin. Untuk susu, pilihlah susu yang rendah lemak.
2. Kurangi Porsi Garam
Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai juga makanan yang mengandung garam dan MSG tinggi. Gantilah snack seperti kacang bawang, keripik, roti kering asin, atau snack rendah garam.
3. Ambil Setiap Kesempatan Untuk Berolahraga
Pilihlah naik tangga dibandingkan naik lift. Anda bisa juga memparkir kendaraan anda lebih jauh dari tempat yang anda tuju agar dapat berjalan kaki lebih lama. Kerjakan sebagaian pekerjaan rumah yang biasanya diserahkan kepada pembantu, seperti mengepel lantai atau mencuci kendaraan. Sempatkan juga untuk berjalan-jalan sore dengan keluarga.

4. Kendalikan Berat Badan
Jaga berat badan anda agar tidak mengalami kegemukan. Bila berat badan anda saat ini melebihi angka ideal, mengikuti program penurunan berat badan juga sangat dianjurkan. Sebab, obesitas akan membuat anda rentan terkena penyakit berbahaya, terutama penyakit jantung.

5. Memonitor Tekanan Darah dan Tingkat Kolesterol
Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah anda. Hipertensi yang sering hadir tanpa disadari dapat menjadi silent killer (pembunuh berdarah dingin). Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

6. Kurangi Stress
Stress yang tinggi dapat memicu meningkatkan resiko serangan jantung. Luangkan waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang bisa membuat anda gembira, serta lupakan sejenak masalah yang anda hadapi. Istirahat yang cukup juga sangat disarankan agar pikiran anda kembali jernih. Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Stres dengan Makanan

Nah, itu tadi 6 tips untuk menjaga kesehatan jantung. Menerapkan pola hidup yang sehat serta makanan yang seimbang akan mengindarkan kita dari berbagai seragan penyakit, khususnya penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *