Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Hati/Liver

by
Menjaga liver atau hati agar tetap sehat adalah hal yang mutlak kita lakukan. Sebab, liver adalah salah satu organ yang mempunyai peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Selain itu, jika liver mengalami kerusakan, maka secara otomatis sistem tubuh kita juga akan mengalami penurunan bahkan hingga kerusakan. 

Tanpa liver, kita tidak akan mampu bertahan hidup karena fungsi utama liver/hati adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Saat kita jatuh sakit, maka sudah tentu kita akan mengkonsumsi obat-obatan yang bakal melewati liver terlebih dahulu sebelum melalui pembuluh darah.

Makanan yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal itu akan meningkatkan resiko kanker hati.

Meski pengaruhnya tidak terasa secara langsung, namun kesehatan liver dapat berpengaruh terhadap tingkat energi dan libido karena liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh. 

Cara Menjaga Hati Liver


Adapun cara terpenting untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan menjaga pola makan atau diet. Diet yang dimaksudkan disini adalah diet dengan serat tinggi, rendah lemak, dan bebas gula olahan. Selain itu, anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin C dan E, zinc dan selenium setiap harinya. 

Semua nutrisi tersebut berguna untuk merawat kesehatan hati dari radikal bebas. Menjauhi makanan junkfood, softdrink, dan gorengan juga sangat dianjurkan. Gantilah jenis makanan tersebut dengan buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan serta sayur mayur. 

Mengkonsumsi air putih yang cukup (2 ½ per hari) juga berguna untuk membuat hati istirahat dan memperingan kinerja hati saat mencerna makanan berat. Air putih juga bermanfaat untuk membersihkan hati dari racun-racun berbahaya yang terkumpul dari makanan yang kita konsumsi. 

Nah, sudah jelas kan? Jika anda mampu mempraktekkan pola hidup seperti yang tercantum di atas, niscaya kesehatan liver anda akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya yang dikarenakan menurunnya fungsi hati.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *