9 Kebiasaan Buruk yang Biasa Kita Lakukan di Akhir Pekan

by
Kebiasaan buruk

Bagi anda yang menekuni profesi sebagai pegawai kantoran, liburan akhir pekan adalah saat berharga untuk meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Akhir pekan juga momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Anda juga bisa menggunakan waktu akhir pekan untuk melupakan pekerjaan di kantor dan melakukan kegiatan kegemaran anda. Jika anda menyukai olahraga badminton atau sekadar memancing, tidak ada salahnya anda memanfaatkan waktu akhir pekan untuk berkumpul bersama teman yang memiliki hobi sama dengan anda.

Namun, tak jarang dari kita yang menggunakan waktu akhir pekan dengan tidak melakukan kegiatan apapun. Sebab selama hari kerja, kita biasanya terdorong untuk menjalani gaya hidup yang disiplin. Pergi ke kantor di pagi hari dan tidak mampu melakukan kegiatan lainnya yang dapat membahayakan jadwal kerja.

Kegiatan monoton selama sepekan itulah yang terkadang membuat kita kelelahan baik secara fisik maupun mental sehingga kita melampiaskannya dengan bermalas-malasan dan melakukan kegiatan-kegiatan yang buruk bagi kesehatan.

Jika kita terus-menerus melakukannya, kegiatan negatif tersebut berdampak buruk selama hari kerja. Karenanya, kita tentu tidak berharap pergi ke kantor dengan kondisi kurang enak badan atau sakit kepala. Oleh sebab itu, kita sudah sepatutnya untuk mengetahui kegiatan apa saja yang seharusnya tidak kita lakukan di akhir pekan. Berikut ini adalah daftar kegiatan ‘tidak menyehatkan’ yang biasa kita lakukan di akhir pekan.

1. Bangun kesiangan
Sebagian besar dari kita melampiaskan jam beristirahat selama hari kerja dengan tidur lebih lama pada akhir pekan. Siklus tidur tidak dapat dikompensasikan seperti itu. Hal itu hanya membingungkan jam biologis anda.

2. Berolahraga berat
Berolahraga berat hanya pada akhir pekan tidak akan membantu anda untuk menurunkan berat badan atau menjaga kebugaran badan. Cara terbaik untuk membuat badan tetap fit adalah berolahraga rutin setiap hari meski dengan intensitas yang ringan.

3. Berpesta hingga larut malam
Memang tidak ada larangan bagi anda untuk melakukan kegiatan ini. Namun, berpesta sepanjang akhir pekan bisa membuat tubuh dan pikiran anda tertekan. Dampaknya, anda akan merasa kelelahan ketika hari kerja tiba.

4. Makan sembarangan
Hal lain yang bisa mengganggu kesehatan anda adalah mengkonsumsi makanan sembarangan. Tidak jarang di antara kita yang tergoda untuk menyantap makanan junk food di akhir pekan. Maka dari itu, cobalah untuk menyertakan menu sehat seperti jus dan sayuran.

5. Stres karena terlalu bersantai
Terlalu santai di akhir pekan terkadang dapat membuat kita merasa stres. Oleh karena itu, lakukan kegiatan kesukaan anda atau sekadar berkunjung ke rumah teman anda untuk bercengkrama bersama.

6. Berhenti berdiet
Istirahat dari kantor tidak berarti bahwa tubuh Anda juga membutuhkan istirahat dari diet anda. Diet membantu anda menurunkan berat badan dan akan berhasil jika anda dapat mempertahankannya. Menghentikan sementara diet anda di akhir pekan akan membatalkan efek diet yang anda jalani sepanjang pekan.

7. Bermalas-malasan

Hanya karena akhir pekan, tidak berarti anda bermalas-malas sepanjang hari. Ada begitu banyak yang anda harus dilakukan pada akhir pekan. Jadi, mengapa anda membuang-buang waktu dengan bermalas-malasan?

8. Begadang
Kebanyakan orang menggunakan waktu akhir pekan untuk begadang. Jika anda juga sering melakukannya, sebaiknya segera dihentikan. Selain dapat membuat anda bermalas-malasan keesokan harinya, begadang juga membuat kinerja anda loyo di hari Senin.

9. Mengkonsumsi alkohol

Jika anda orang yang gemar mengkonsumsi alkohol, sebaiknya anda juga harus segera menghentikannya. Selain tidak baik untuk kesehatan jangka panjang, kebiasaan mengkonsumsi alkohol di akhir pekan juga membuat pikiran anda kacau saat pergi ke kantor.

Nah, itu tadi 9 kegiatan buruk yang biasa dilakukan di akhir pekan. Anda bisa mengganti kegiatan-kegiatan di atas dengan aktivitas yang lebih positif dan menyehatkan seperti piknik, berkebun atau berolahraga.

Baca juga: 6 Hobi untuk Mengatasi Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *