Benarkah Memencet Jerawat Itu Berbahaya?

by
Bahaya Menekan Jerawat

Pernahkah kamu mencoba menyingkirkan jerawat yang tumbuh di wajahmu dengan menekannya? Jika iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaanmu tersebut. Selain dapat merusak jaringan kulit, menekan jerawat juga dapat memicu tumbuhnya jerawat baru.

Menurut para pakar kesehatan, ketika kamu memencet jerawat, bakteri yang hadir dalam jerawat akan menyebar sehingga membuat wajahmu semakin rentan terkena jerawat baru. Jika kamu pernah mengamati, saat jerawat di wajah dipencet, beberapa jam kemudian akan muncul satu atau dua jerawat baru yang dapat membuatmu makin frustasi.

Satu-satunya cara untuk mengobati jerawat yang paling tepat dan aman adalah melalui cara herbal atau alami. Dengan kata lain, menyembuhkan jerawat tanpa menggunakan bahan kimia.

Namun, jika kamu terlanjur memencet jerawat, lakukan tiga langkah berikut ini: (1) oleskan pasta gigi untuk mengeringkan luka pencetan jerawat secara cepat, (2) selanjutnya gunakan lidah buaya untuk membersihkan sisa-sisa jerawat, dan (3) terapkan krim susu untuk membersihkan bekas luka jerawat.

Tips tersebut merupakan tiga solusi tepat untuk mengatasi jerawat secara alami. Kendati demikian, sangat disarankan untuk tidak menekan jerawat. Mengapa? Berikut beberapa alasan mengapa kamu tidak diperbolehkan memencet jerawat.


Bahaya Memencet Jerawat

1. Berpotensi menimbulkan infeksi
Memencet jerawat biasanya akan memicu munculnya infeksi lebih parah pada jaringan di sekitarnya. Akibatnya, hal itu dapat menimbulkan infeksi yang lebih serius sehingga membutuhkan perawatan dokter. Baca juga: 
Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Munculnya Jerawat

2. Memicu jerawat baru
Jika kamu menekan jerawat, beberapa bakteri dapat terdorong lebih jauh di bawah kulit. Kemudian menciptakan area terbuka bagi kuman untuk masuk, dan dapat membuat jerawat lebih buruk, atau bahkan membuat jerawat baru muncul dengan lebih cepat.

3. Menimbulkan noda bekas jerawat
Selain memicu tumbuhnya jerawat baru, menekan jerawat juga akan meninggalkan luka terbuka. Sebab, luka seperti itu biasanya sulit dihapus dan menimbulkan noda yang bisa membuat kamu kurang percaya diri. Baca juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

4. Menyulitkanmu di kemudian hari
Dan alasan penting selanjutnya mengapa kamu tidak boleh menekan jerawatmu adalah dampak negatif yang ditimbulkan di kemudian hari. Noda atau bekas jerawat tersebut umumnya akan sulit dihapuskan dalam waktu yang lama. Alhasil, kamu terpaksa harus menerapkan make up tebal untuk menutupinya. Hmm, cukup merepotkan, kan?

Nah, demikian beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh menekan jerawat. Cara terbaik untuk menyingkirkan jerawat yang mengganggu adalah dengan menggunakan perawatan natural tanpa menimbulkan efek samping.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *