Cara Lengkap Menjaga Kesehatan Mulut

by
Cara menjaga kesehatan mulut

Mulut merupakan organ vital bagi tubuh manusia. Melalui mulut, manusia dapat berbicara, makan dan minum. Karena itu, menjaga kesehatan mulut sangat perlu dilakukan. Jika kesehatan mulut terjaga, berbagai masalah seperti bau mulut dan napas tak sedap tidak akan anda alami yang dapat mengganggu kepercayaan diri anda dalam pergaulan.

Agar kesehatan mulut selalu terjaga, sangat dianjurkan untuk membersihkan mulut dua kali sehari. Anda bisa melakukannya dengan menggosok gigi lalu berkumur dengan cairan pembersih mulut. Berikut adalah panduan lengkap untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi mulai dari usia balita hingga dewasa.

1. Bayi
Bersihkan dengan lembut gigi bayi yang baru tumbuh, gusi, dan lidahnya menggunakan kain lembut yang halus, bersih dan higienis. Ingat, selalu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak melukai organ mulut bayi.

2. Anak-anak
Sejak usia dini, perkenalkanlah ana-anak anda dengan alat kesehatan mulut dan cara memakainya dengan benar. Ajarkan juga pentingnya untuk menjaga kesehatan mulut. Orang tua diharapkan selalu mengingatkan buah hati mereka untuk menyikat gigi sebelum tidur. Selain itu, sangat direkomendasikan untuk membawa mereka ke dokter gigi pertama kali pada usia 2 tahun.

3. Remaja dan Dewasa

– Sikat gigi:
Pilihlah sikat gigi yang lembut sesuai dengan gigi dan mulut. Hindari menyikat gigi secara keras yang akan berdampak buruk bagi gigi atau bahkan dapat melukai gusi.

Cara menyikat gigi yang benar: oleskan pasta gigi secukupnya secara merata di permukaan sikat. Tempatkan posisi sikat pada gigi. Gerakkan naik turun menjauhi gusi secara vertical dengan sedikit tekanan sambil memutar gagang sikat.

– Sikat lidah:
Biasakanlah untuk menyikat lidah dengan memakai sikat gigi atau sikat khusus lidah tanpa atau dengan pasta gigi. Sikat khusus lidah sangat dianjurkan karena memiliki struktur yang lembut dan tidak menyebabkan rasa mual dan mau muntah. Sikatlah lidah anda secara perlahan mulai dari pangkal lidah bagian belakang menuju ujung lidah.

– Flossing:
Untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, menggunakan benang floss sangat disarankan. Caranya, gunakan benang floss sepanjang 2 inch. Pegang ujung-ujungnya lalu selipkan di antara sela-sela gigi dan gerakkan naik-turun dan maju mundur dengan gerakan U.

– Kumur:
Berkumur menggunakan air bersih sebetulnya sudah cukup. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa memakai cairan mouthwash untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan plak yang membandel. Berkumurlah selama lebih kurang 30 detik setelah menggosok gigi.

4. Orang tua
Tidak hanya pada ana-anak, gigi berlubang juga bisa dialami oleh orang dewasa, terutama pada area sekitar akar gigi. Karenanya, orang tua dianjurkan untuk tetap menyikat gigi secara teratur. Bagi orang tua yang memakai gigi palsu, sangat disarankan tetap menggosok gigi palsunya secara lembut dan mencucinya dengan cairan desinfektan. Selain tips di atas, untuk menjaga kesehatan gigi, kita dianjurkan untuk melakukan kebiasan positif berikut ini.

a. Bersiwak
Bersiwak sangat bagus sebagai pelengkap dari menyikat gigi. Siwak sangat besar manfaatnya bagi kesehatan mulut. Hal ini sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian.

b. Berkumur sebelum dan sesudah makan
Biasakanlah berkumur baik sebelum maupun sesudah makan. Kebiasaan ini berguna untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh anda.

c. Menghindari rokok
Jika anda menginginkan gigi yang putih dan bersih, sebaiknya menghindari kebiasaan merokok. Selain itu, merokok juga membuat napas anda tidak sedap dan berbagai masalah kesehatan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *