Cara Menjaga Kesehatan Mata

by
cara menjaga kesehatan mata

Mata merupakan jendela dunia. Dengan menggunakan indera penglihatan, kita bisa menikmati segala keindahan dunia. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mutlak diperlukan. 


Nah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata, tentu sangat penting untuk menggunakan indera ini dengan hati-hati agar tidak terjangkit atau terserang penyakit dan gangguan. Berikut adalah beberapa langkah penting untuk merawat mata.

1. Periksa mata setiap 12 bulan sekali
Masalah kesehatan mata yang tidak segera ditangani akan berkembang semakin parah. Maka dari itu, jika tidak terlalu dibutuhkan, hindari penggunaan kacamata atau lensa kontak yang tidak cocok bagi anda. Karena jika tidak sesuai dengan anjuran, pemakaian kacamata atau lensa kontak justru akan memperparah kondisi kesehatan mata.

2. Gunakan kacamata anti-UV
Paparan sinar UV secara langsung dapat membuat kerusakan serius pada mata. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis kacamata sun glasses karena mampu melindungi mata dari radiasi sinar UV hingga 98%.

3. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata
Studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa beberapa jenis vitamin dan antioksidan dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi macular dan pertumbuhan katarak. Maka dari itu, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi berbagi jenis buah dan sayuran setiap hari. Alhasil, kesehatan mata pun akan terjamin.

4. Membaca dengan cahaya yang cukup
Bekerja atau membaca dengan cahaya yang minim dapat menyebabkan kelelahan mata, namun cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Sangat disarankan untuk menggunakan lampu kamar yang tidak langsung. Jika bekerja menggunakan laptop/computer, usahakan untuk mengatur intensitas cahaya agar tidak membuat mata cepat lelah.

5. Memberi waktu istirahat untuk mata
Hampir semua orang merasakan mata mereka menjadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar computer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya sehingga mata menjadi kering.

Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata anda selama 5 detik sebelum membukanya kembali. Selain itu, anda bisa mengalihkan pandangan dari layar monitor dan fokus pada objek yang berada di tempat yang jauh. Lakukan tips ini selama beberapa kali setiap 30 menit.


6. Menggunakan lensa kontak dengan kualitas baik
Tidak semua lensa kontak sama dan cocok untuk mata anda. Ada yang aman, ada pula yang beresiko merusak kesehatan mata. Jika anda terlanjur memakai lensa kontak, maka rawatlah lensa kontak dengan baik dan teratur. Menggunakan lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi anda juga tidak boleh mengabaikan kebersihannya.

Setiap selesai menggunakan lensa kontak, cucilah lensa kontak sampai bersih. Anda juga hrus rutin mengganti cairan untuk merendam lensa kontak.

Di samping itu, anda juga harus mengganti lensa kontak anda sesuai jadwal yang disarankan. Sebab jika anda menggunakan satu lensa kontak untuk periode yang lebih lama karena alasan tertentu (agar lebih hemat misalnya), malah akan tidak baik bagi mata anda. Hal itu akan menyebabkan tumpukan protein yang dapat mengaburkan penglihatan anda dan mata anda beresiko terkena infeksi.


7. Menggunakan filter monitor
Untuk mengurangi dampak radiasi sinar monitor, ada baiknya anda memasang filter glass monitor. Jika perlu, konsultasikan dengan vendor filter monitor untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

8. Membaca teks atau bacaan dengan jarak yang tepat
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkanlah dalam jarak yang seimbang dengan monitor. Hal ini diperlukan agar fokus pandangan anda tidak cepat lelah.

Nah, itu tadi 8 tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata. Dengan era modern sekarang yang serba canggih, mata memang sangat rentan terkena berbagai jenis gangguan. Oleh karena itu, mari kita jaga kesehatan mata sejak dini terutama kepada anak-anak kita yang hampir sebagian waktunya digunakan untuk bermain dengan gadget.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *