Tumit Pecah-Pecah Karena Heels? Ini Dia Solusinya!

by
Cara Menyembuhkan Kaki Pecah-Pecah

Tumit yang pecah-pecah memang terasa menyakitkan dan membuat kaki tidak nyaman. Akibatnya, anda pun tidak bisa memakai sandal favorit anda dan bisa jadi membuat anda kurang percaya diri. Namun, anda tak perlu khawatir. Dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar anda, masalah tumit pecah-pecah bisa anda hindari.

Sebelum membahas bahan apa saja yang berguna untuk merawat kaki yang pecah-pecah, kita harus memahami penyebab masalahnya. Tumit yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh cuaca dingin yang kering dan kurangnya kebersihan pada kaki.

Meskipun bukan masalah yang berhubungan langsung dengan kesehatan, tumit pecah-pecah bisa menjadi indikasi bahwa ada yang tidak beres dengan perawatan kaki anda. Selain perawatan secara eksternal, anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi setiap hari.

Makanan yang tepat melalui diet seimbang sangat penting untuk menjaga tumit agar tetap sehat. Beberapa unsur penting untuk kesehatan tumit diantaranya seng, asam lemak omega-3, vitamin E, kalsium dan zat besi. Selain itu, memberikan perawatan ekstra untuk kaki anda dengan menggunakan pelembab juga diperlukan untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim.


Cara Menyembuhkan Tumit Pecah-Pecah

Nah, anda tentu penasaran bahan-bahan alami apa saja yang bisa anda gunakan untuk merawat kaki yang pecah-pecah. Berikut daftar resep ampuh untuk menjaga kesehatan tumit yang dapat anda temukan di sekitar anda.

1. Rosewater dan gliserin
Campur gliserin dan air mawar dengan takaran yang sama. Tambahkan juga perasan lemon ke dalam campuran tersebut. Kemudian, buatkan campuran kedua yaitu garam, perasan air lemon dalam air hangat dan gunakan untuk merendam kaki anda.

Setelah 15 sampai 20 menit, gosok tumit pecah-pecah dengan batu apung. Biarkan sampai kering lalu oleskan campuran air mawar dan gliserin pada kaki anda khusunya pada bagian yang pecah-pecah. Lakukan tips ini setiap malam sebelum tidur sampai tumit sembuh.

2. Minyak Sayur
Tumit pecah-pecah disebabkan oleh kulit yang kering. Oleh karena itu, pijat kaki anda dengan minyak nabati seperti, minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun, atau minyak wijen. Setelah itu, gunakan kaus kaki dan biarkan semalam.

Cucilah kaki di pagi harinya. Lanjutkan tips ini sampai tumit anda bena-benar sembuh. Ini adalah salah satu perawatan rumahan yang efektif untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

3. Daun Nimba
Tahukah anda bahwa daun nimbi dipercaya sangat mujarab untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah. Caranya, tumbuk daun nimba dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Tambahkan juga bubuk kunyit ke dalamnya. Setelah itu, terapkan pada tumit pecah-pecah selama 30 menit.

Kedua bahan tersebut (daun nimba dan kunyit) memiliki sifat anti-bakteri yang sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan kulit. Gunakan resep obat ini sekali dalam sehari. Namun, jika kondisi tumit anda benar-benar buruk, lakukan dua kali sehari.

4. Tepung Beras, Cuka Apel dan Madu
Untuk menyembuhkan kaki yang pecah-pecah, anda juga bisa membuat ramuan alami dengan bahan tepung beras, cuka apel dan madu. Ambil 2-3 sendok makan beras dan giling sampai lembut. Tambahkan beberapa sendok madu dan cuka apel ke dalam tepung sampai membentuk pasta kental.

Jika masalah tumit anda cukup serius, tambahkan juga satu sendok minyak zaitun atau minyak almond. Rendam kaki anda selama sekitar 20 menit dalam air hangat, lalu pijat dengan pasta ini. Selain dapat mengobati tumit pecah-pecah, ramuan ini juga mampu menghaluskan kaki.

5. Ramuan buah
Buah pisang ternyata dapat menjadi pelembab alami dan membuat kulit lembut. Untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah, tumbuk pisang dan tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun. Terapkan ramuan ini pada tumit dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas kaki sampai bersih.

6. Cuka
Cuka memang terbukti kaya akan asam asetat. Zat ini membantu membuat kulit lembut dan terhindar dari pengelupasan. Untuk mengatasi tumit pecah-pecah, tuangkan ΒΌ cangkir cuka ke dalam air hangat.

Tambahkan juga minyak sayur di dalamnya secukupnya. Setelah itu, rendam kaki anda selama 10 menit. Gunakan batu apung untuk membersihkan kulit mati di area kaki lalu keringkan. Oleskan juga pelembab setelah kulit dikeringkan.

7. Oatmeal dan Jojoba Oil
Ambil 1 sendok makan bubuk oatmeal dan beberapa minyak jojoba untuk membuat pasta kental. Oleskan campuran tersebut di atas tumit pecah-pecah dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air dingin dan keringkan.

8. Tulsi dan Aloe Vera
Tulsi memiliki sifat antimikroba dan baik untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Tumbuk daun tulsi dan kunyit lalu tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Campur tumbukan tulsi dan kunyit dengan bubuk kapur barus dan gel lidah buaya.

Oleskan campuran ini pada tumit pecah-pecah dan biarkan selama 10-15 menit. Cuci bersih dengan air hangat. Lakukan tips ini setiap hari untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah.

9. Madu
Campurkan satu cangkir madu setengah bak air hangat. Rendam kaki selama sekitar 15-20 menit. Gosok tumit anda dengan lembut menggunakan batu apung atau scrubber.

10. Jus Lemon dan Pepaya
Jus lemon bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati karena mengandung asam asetat yang tinggi. Untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah, blender pepaya dan perasan air lemon untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini pada tumit dan biarkan selama 15 sampai 20 menit untuk melembutkan kulit kaki anda.

Nah, itu tadi 10 resep sederhana untuk menyembuhkan tumit kaki yang pecah-pecah. Selain alami, bahan-bahannya pun mudah anda dapatkan dan hemat biaya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *