10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

by
Makanan Sehat Ibu Menyusui

Makanan Sehat Ibu Menyusui | Menyusui merupakan tahapan yang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Oleh karena itu, seorang ibu harus berhati-hati dalam memilih makanan agar bayi dapat tumbuh secara sehat dan sempurna.

Selain itu, ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, diharapkan kebutuhan nutrisi sang bayi bisa tercukupi dengan baik selama periode menyusui.

Kendati demikian, terkadang ada beberapa ibu yang merasa khawatir mengenai kualitas maupun kuantitas asupan ASI untuk bayinya. Namun, anda tidak perlu merisaukan hal ini jika anda mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang sehat dan bergizi akan membantu tubuh anda dalam memproduksi ASI yang cukup untuk buah hati anda.

Terlepas dari semua itu, alangkah baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Lalu, apa saja jenis makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI? Simak daftar lengkapnya berikut ini.


Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui


1. Mengkonsumsi sayuran sehat
Sayuran tertentu seperti terong hijau sangat baik untuk meningkatkan suplai ASI. Selain berguna untuk kesehatan tubuh anda secara kesuluruhan, sayur terong juga berguna selama proses menyusui.

2. Gunakan minyak zaitun untuk memasak
Tidak bisa dipungkiri bahwa minyak zaitun terbukti sebagai minyak serbaguna. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun selama proses menyusui, gunakan minyak ini untuk memasak.

3. Daun kemangi
Daun kemangi memang terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya akan vitamin K, kemangi juga bermanfaat untuk melancarkan ASI.

4. Sarapan dengan oatmeal setiap hari
Ibu menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi oatmeal saat sarapan. Oatmeal merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan ASI.

5. Jangan pernah melewatkan bawang putih
Banyak dari kita tidak tahu fakta bahwa bawang putih juga merupakan salah satu makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan ASI. Selalu sertakan bawang putih untuk memasak atau sekadar penambah aroma.

6. Sertakan umbi-umbian dalam menu
Beberapa sayuran umbi-umbian, seperti wortel dan ubi jalar memainkan peran penting dalam meningkatkan pasokan ASI. Anda bisa mengkreasikan jenis sayuran ini sebagai salad atau campuran masakan lainnya.

7. Sertakan juga dengan adas
Adas merupakan salah satu makanan yang baik untuk ibu menyusui. Selain itu, adas juga bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan.

8. Nikmati camilan dari almond dan kacang mete
Ganti camilan anda dengan menu menyehatkan seperti kacang mete dan almond. Selain kaya akan nutrisi, jenis kacang-kacangan ini membantu untuk meningkatkan ASI secara alami.

9. Manfaatkan jahe untuk berbagai menu
Menggunakan jahe sebagai campuran dalam berbagai hidangan seperti kari atau sekadar minuman sangat berguna memperlancar suplai ASI.

10. Cukupi kebutuhan air putih anda
Selain berbagai jenis sumber makanan di atas, kunci utama untuk meningkatkan produksi ASI adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda. Harus diingat bahwa ASI tersusun atas 80 persen air! Oleh karena itu, meminum air putih yang cukup sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui.

Sekian ulasan singkat tentang Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui. Perkembangan bayi sangat ditentukan oleh menu makanan yang ibu konsumsi. Maka dari itu, jagalah pola makan anda agar buah hati anda bisa tumbuh dengan sehat secara fisik maupun mental.

Baca juga: Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita

Informasi Kesehatan:

  • bolehkah ibu menyusui makan terong
  • apa busui boleh makan kem
  • manfaat kemangi bagi ibu menyusui
  • manfaat daun kemangi untuk ibu menyusui
  • manfaat daun kemangi busui
  • Lalaban untuk ibu menyusui
  • ibu menyusui boleh makan terong
  • bolehkah terung hijau dimakan ibu menyusui
  • bolehkah ibu nifas makan sayur terong
  • manfaat sayur terong untuk ibu menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *