Minum Air Lemon Hangat Punya Banyak Khasiat Lho!

by
Manfaat Lemon

Minum air hangat yang dicampur perasaan air lemon ternyata memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Selain sangat mujarab untuk membantu sistem pencernaan, meminum lemon hangat juga ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, apa saja manfaat lain minuman ini? Berikut rangkuman 7 manfaat mengkonsumsi air lemon hangat.

1. Membantu sistem pencernaan
Meminum air lemon hangat saat perut kosong di pagi hari membantu merangsang sistem pencernaan agar bekerja maksimal. Selain pencernaan semakin membaik, air lemon hangat juga membuat rasa mulas berkurang dan membantu dalam proses eliminasi.

2. Mendetoksifikasi hati
Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang berguna untuk membantu kinerja enzim di dalam tubuh berfungsi lebih baik. Hal ini juga merangsang hati dan membantu proses detoksifikasi.

3. Bekerja pada tingkat pH
Keasaman dalam tubuh kita dapat berbahaya jika tidak dikendalikan dengan baik. Nah, air lemon ternyata dapat membantu mengurangi keasaman dalam tubuh. Meskipun lemon memiliki asam sitrat, nutrisi dan mineral yang terkandung di dalamnya merupakan alkali alami. Asam sitrat bukanlah jenis asam yang kuat dan mudah dicerna dan dibuang dari tubuh kita dengan proses eliminasi seperti berkeringat.

Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk merangsang pembentukan kalsium karbonat yang menetralkan asam kuat lainnya di dalam tubuh. Ini sangat berguna, terutama jika anda sedang menjalani diet protein seperti daging dan keju.

Bahkan, para ahli mengatakan bahwa lemon dapat membantu mengubah keseimbangan pH darah dan juga dapat membantu dalam menangani infeksi saluran kemih.

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Semua makanan jeruk adalah gudang vitamin C. Vitamin ini dikenal untuk melawan pilek dan baik untuk sistem kekebalan tubuh. Lemon juga memiliki kalium yang merangsang fungsi otak dan saraf serta mengontrol tekanan darah.

5. Membersihkan dan menyegarkan kulit
Para ahli mengatakan bahwa vitamin C sangat bagus untuk kulit karena jenis vitamin ini berperan membantu dalam pembentukan kolagen. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga membuat kulit sehat dan bebas kusam. Di samping itu, air lemon hangat menghilangkan racun dalam aliran darah.

6. Melawan bau mulut
Air lemon hangat juga berguna untuk menghilangkan bau mulut dengan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

7. Membantu penurunan berat badan
Meminum air lemon hangat di pagi hari ternyata bermanfaat untuk mengekang napsu makan. Fakta lain juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang melakukan diet alkali cenderung menurunkan berat badan lebih cepat daripada yang lain.

Catatan penting:

Meski air lemon hangat mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, anda tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan.

Hanya karena satu gelas air lemon hangat bisa membantu anda menurunkan berat badan 2 kg, anda lantas meminum 4 gelas untuk menurunkan 8 kg! Hal itu tidaklah benar. Lemon juga memiliki sifat korosif yang dapat berdampak buruk bagi enamel gigi anda jika overdosis.

Anda juga dapat menambahkan sedikit madu ke dalam air lemon hangat. Selain akan terasa nikmat, madu juga bermanfaat untuk menghilangkan dahak dan membantu membersihkan tubuh anda dari lendir.

Patut diingat bahwa anda harus memilih lemon asli dari alam dan bukan yang berasal dari kemasan. Jangan lupa untuk membilas mulut anda dengan air biasa setelah anda minum air lemon hangat. 

Baca juga: Inilah Makanan Sumber Vitamin C Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *