10 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

by
10 Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan

Kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, kurang tidur, serta makan berlebihan mungkin sudah sering anda dengar. Akibatnya, anda pun akan berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya.

Tapi bagaimana jika ada beberapa kebiasaan buruk yang tidak anda sadari dan sering anda lakukan? Kebiasaan-kebiasaan tersebut mungkin terdengar sepele, namun jika tidak segera dihentikan, dampaknya pun akan berbahaya bagi kesehatan anda dalam jangka panjang. Berikut 10 kebiasaan sederhana namun berbahaya bagi kesehatan.


10 Kebiasaan yang Merugikan Kesehatan

1. Berbohong
Sebuah studi di University of Notre Dame menemukan bahwa berbohong demi ‘kebaikan’ ternyata lebih berbahaya ketimbang berbohong biasa. Hal itu dapat berupa sanjungan atau pujian kepada sahabat anda untuk sekadar menjaga hubungan anda dengannya. Alhasil, anda akan cenderung untuk berbohong dari waktu ke waktu.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa berbohong menghasilkan rasa stres yang dapat merusak kesehatan anda. Dampaknya bagi kesehatan pun bisa anda rasakan. Jika anda berupaya untuk menahan diri untuk tidak berbohong, anda justru akan merasakan sakit kepala, rasa cemas dan sakit tenggorokan.

2. Menyikat gigi terlalu sering

Menurut sebuah studi oleh periodontist Greg Diamond dari New York, sisa makanan yang menempel pada gigi setelah makan meninggalkan asam yang dapat melemahkan enamel. Oleh sebab itu, anda tidak dianjurkan untuk menyikat gigi setelah makan karena kondisi enamel masih lemah.

Menyikat gigi setelah makan mungkin terdengar sangat baik dan berguna untuk menjaga kesehatan mulut anda. Namun, sebaiknya anda tidak terburu-buru melakukannya. Anda cukup berkumur dengan air setelah makan dan menyikat gigi hanya pada pagi dan malam hari. Baca juga: Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning

3. Makan di meja kerja

Sebuah studi terbaru oleh University of Arizona menemukan bahwa meja kerja anda 400 kali lebih banyak terkontaminasi bakteri daripada toilet. Hal itu berisiko membahayakan sistem pencernaan anda.

Oleh karena itu, usahakan untuk makan siang di kantin. Selain dapat menghindari kontaminasi bakteri berbahaya di meja kerja, makan di kantin juga bermanfaat meredakan stres selama bekerja.

4. Minum air kemasan

Air mineral dalam kemasan mungkin sangat bagus bagi kesehatan. Selain itu, air kemasan juga berguna meminimalir risiko bakteri jahat dalam air. Namun sayangnya, air dalam kemasan tidak mengandung fluoride yang sangat penting untuk kesehatan gigi anda. Maka dari itu, anda tetap harus mengkombinasikan dengan air rebusan biasa agar kandungan fluoride tetap terjaga.

5. Mengambil uang di mesin ATM

Sebuah tes kebersihan baru-baru ini di Inggris telah mengungkapkan bahwa mesin ATM ternyata memiliki tingkat bakteri yang setara dengan toilet umum dan faktanya hampir semua orang yang seusai memakai mesin ATM tidak pernah mencuci tangan mereka.

Oleh karena itu, gunakan handsanitaizer setelah memakai mesin ATM agar terhindar dari kuman berbahaya yang menyebabkan berbagai jenis penyakit.

6. Menggunakan gas untuk memasak

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Environmental Health Perspective menunjukkan bahwa gas yang biasanya digunakan untuk memasak mengandung karbon monoksida, nitrogen dioksida dan formaldehida.

Bahan-bahan tersebut ternyata juga terkandung dalam asap rokok sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengurangi dampak negatif pemakaian gas, pastikan terdapat lubang ventilasi yang memadai di dapur anda.

7. Makan terlalu cepat

Gaya hidup modern yang super sibuk membuat kita berpikir untuk mempercepat segalanya, termasuk saat makan. Namun, faktanya hal itu tidak baik untuk kesehatan. Makan tergesa-gesa mengakibatkan otak anda tidak sempat mengirim sinyal kepada sistem percernaan.

Alhasil, anda pun akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dalam jangka panjang, berat badan anda akan meningkat drastis. Oleh sebab itu, cobalah untuk meluangkan waktu untuk mengunyah makanan anda sedikit demi sedikit sambil meminum air putih. Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan bagi Orang Sibuk

8. Minum melalui sedotan

Mengkonsumsi minuman seperti es teh dan es jeruk mungkin sudah menjadi hal lazim ketika menggunakan sedotan. Namun tahukah anda saat meminum memakai sedotan, terdapat udara yang masuk ke dalam perut anda yang bisa menyebabkan perut kembung.

9. Tidur tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap memang sangat nyaman dan mungkin sebagian orang sudah terbiasa melakukannya. Akan tetapi, tidur dengan posisi tersebut justru membahayakan kesehatan anda.

Tidur tengkurap hanya akan memicu munculnya lipatan di sekitar hidung, mata, mulut dan pipi anda. Seiring pertambahan usia, anda akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit anda sehingga lipatan-lipatan tersebut tidak bisa kembali normal dan menjadi kerutan permanen.

Maka dari itu, biasakan untuk tidur dengan posisi telentang. Namun, jika anda belum terbiasa, mulailah dengan tidur miring ke kanan atau ke kiri dan perlahan mulai mencoba posisi terlentang.

10. Mengenakan sepatu yang terlalu tinggi atau terlalu datar

Mengenakan sepatu hak setiap hari hanya akan membuat punggung anda melengkung dan menekan persendiaan anda. Demikian pula dengan menggunakan sepatu yang terlalu datar.

Kendati demikian, pilihan tetap di tangan anda. Gunakanlah sepatu yang membuat anda benar-benar nyaman sehingga tidak merugikan kesehatan anda.

Sekian ulasan tentang 10 kebiasaan sehari-hari yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Meski kebiasaan-kebiasaan mungkin terbilang sepele, tidak ada salahnya jika anda perlahan mulai mengubahnya demi kesehatan yang lebih baik.

Simak juga: 12 Manfaat Meminum Banyak Air Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *