Wow! 6 Hal Menarik Tentang Paru-Paru yang Harus Anda Ketahui

by
6 Fakta Tentang Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Namun, karena kinerjanya yang otomatis dan sudah menjadi kebiasaan, mungkin tak banyak dari kita yang memperhatikan secara seksama bagaimana organ pernapasan ini bekerja. 


Nah, berikut kami sampaikan beberapa fakta menarik tentang paru-paru yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk kita simak bersama ulasan berikut ini!


6 Fakta Tentang Paru-Paru

Beberapa orang mampu menahan nafas selama lebih dari 20 menit.

Rata-rata orang dewasa dapat menahan nafas mereka selama 30 sampai 60 detik. Tapi penyelam bebas – orang yang menyelam di bawah air sebagai olahraga tanpa menggunakan peralatan pernapasan – menguasai berbagai teknik, seperti hiperventilasi, untuk mengurangi konsentrasi karbon dioksida dalam darah, yang memungkinkan mereka untuk menahan nafas mereka untuk waktu yang sangat lama.

Stig Severinsen dari Denmark saat ini memegang Guinness World Record untuk menahan napas selama 22 menit di bawah air. Luar biasa!!


Paru-paru satu-satunya organ yang dapat mengapung di atas air.

Setiap paru-paru manusia mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang dikenal sebagai alveoli, yang menggantikan karbon dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika alveoli dipenuhi dengan udara, paru-paru Anda dapat mengapung di atas air.


Bersin mempunyai kekuatan yang hebat.

Bersin adalah refleks involunter yang tidak dapat dihentikan dan terjadi begitu saja. Kecepatan bersin dapat mencapai lebih dari 150 kilometer per jam serta mampu menjangkau jarak lima meter. Bahkan, sekali bersin, ada sekitar 100.000 kuman dilepas ke udara.


Kanker paru-paru merupakan pembunuh yang mematikan.

Menurut sebuah penelitian, kanker paru-paru menjadi pembunuh yang lebih ganas dibandingkan beberapa jenis kanker lainnya, seperti kanker payudara, usus besar, dan kanker prostat. Adapun penderita kanker paru-paru 81 persen diantaranya berusia di atas 60 tahun. Baca juga: Jenis-Jenis Kanker yang Paling Umum


Orang normal dalam kondisi rileks mempunyai sekitar 16 napas per menit.

Manusia umumnya bernapas sekitar 960 kali per jam, 23.040 kali sehari, dan 8.409.600 kali setahun. Seseorang yang hidup sampai usia 80 akan bernapas sekitar 672.768.000 kali dalam seumur hidup mereka.


Manusia bisa hidup meski hanya memiliki satu paru-paru.

Manusia masih dapat hidup meski salah satu paru-parunya diangkat. Ketika salah satu paru-paru dikeluarkan, paru-paru lainnya akan mengembang untuk mengambil beberapa ruang cadangan. Hidup dengan satu paru-paru tidak akan terlalu banyak mempengaruhi kehidupan dan juga tidak memperpendek harapan hidup seseorang, meskipun orang dengan satu paru-paru tidak akan mampu berolahraga sekeras orang dengan dua paru-paru yang utuh.

Nah, sekian 6 fakta tentang paru-paru yang perlu Anda ketahui. Pastikan kesehatan paru-paru Anda tetap terjaga dengan menerapkan kebiasaan sehat serta menghindari merokok.


Informasi Kesehatan:

  • bisakah manusia hidup dengan satu paru paru
  • mampukah manusia hidup hanya dengan satu paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *