7 Fakta Menarik Tentang Kulit yang Perlu Anda Ketahui

by
7 Fakta Menarik Tentang Kulit

Kulit manusia merupakan organ yang menakjubkan karena fungsinya yang memang serba guna. Tidak hanya berperan sebagi pelindung, kulit juga memiliki sifat anti air. 

Kulit Anda terus berubah dan mampu meregenerasi dirinya sendiri, serta bertanggung jawab dalam tugas-tugas penting lainnya seperti mendeteksi dingin dan panas lingkungan sekitar, mengatur suhu tubuh serta melindungi organ internal, seperti otot dan tulang dari serangan infeksi dan penyakit.

Selain beberapa fungsi dan peran kulit yang telah disebutkan di atas, tahukah Anda bahwa ada sejumlah fakta menarik tentang kulit yang menarik untuk diketahui. Anda mungkin juga belum pernah mendengarnya sebelumnya. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama ulasan berikut ini.


7 Fakta Menarik Tentang Kulit

  1. Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh. Disebut organ karena kulit terdiri dari kumpulan jaringan yang bekerja bersama-sama untuk melakukan fungsi tertentu dalam tubuh. Kulit juga menyumbang sekitar 15 persen dari berat badan Anda.
  2. Dalam kondisi normal, kulit Anda melepaskan sampai 6 liter keringat per hari. Satu-satunya bagian tubuh Anda yang tidak keringat yakni gendang telinga, tepi bibir, kuku, dan ujung pe*nis.
  3. Warna kulit dihasilkan dari protein yang dikenal sebagai melanin. Protein ini diproduksi dan didistribusikan oleh sel-sel yang menyerupai tentakel besar yang disebut melanosit. Warna kulit Anda tergantung pada jumlah melanin yang dihasilkan tubuh Anda.
  4. Kulit secara terus menerus memproduksi sel dengan kecepatan sekitar 40.000 sampai 50.000 sel per menit! Jika ditotal, maka terkumpul hampir empat kilogram per tahun. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa minyak dalam sel-sel kulit tersebut membantu mengurangi polusi udara dalam ruangan.
  5. Ada beberapa orang di dunia yang tidak mempunyai sidik jari sama sekali. Hal ini disebabkan oleh dua cacat genetik langka, yang dikenal sebagai sindrom Naegeli dan dermatopathia pigmentosa reticularis. Cacat genetik ini memungkinkan seseorang tidak memiliki pola sidik jari di kulit mereka.
  6. Setiap inci dari kulit manusia memiliki kekuatan masing-masing. Kulit di jari Anda tentu berbeda dengan kulit di kaki Anda.
  7. Kulit paling tebal di tubuh manusia berada di kaki dengan ketebalan 1,4 mm, sedangkan kulit paling tipis berada di kelopak mata (0,02 mm).


Nah, demikian ulasan singkat mengenai 7 fakta menarik tentang kulit manusia. Baca juga fakta-fakta menarik lainnya berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *