9 Makanan yang Berguna untuk Memperkuat Tulang

by
Makanan untuk Memperkuat Tulang

Makanan untuk Memperkuat Tulang | Tulang membentuk struktur dasar dalam tubuh sehingga kita bisa bergerak dan melakukan aktivitas. Selain itu, tulang juga memastikan fungsi tubuh berjalan normal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang merupakan suatu keharusan.

Unsur penting dalam pembentukan sekaligus penunjang kesehatan tulang yaitu kalsium. Agar kesehatan tulang terjaga, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Berikut beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kalsium.


9 Sumber Makanan untuk Memperkuat Tulang

1. Bayam
Selain kaya akan zat besi, bayam juga diperkaya kalsium yang baik untuk tulang. Adapun komponen penting lainnya dari bayam yakni vitamin K, vitamin A dan magnesium. Ketika semua nutrisi tersebut dikombinasikan, maka kebutuhan tulang anda akan terpenuhi dengan baik. Baca juga: Manfaat Super Bayam Bagi Kesehatan

2. Yogurt
Yogurt merupakan sumber kalsium tinggi lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang anda. Bagi mereka yang tidak menyukai atau alergi susu, yogurt bisa menjadi alternatif yang tepat dengan jumlah kalsium yang sama.

3. Sayuran
Anda tidak akan mendapatkan tulang yang sehat tanpa mencukupi asupan sayuran dalam menu makanan anda. Sayuran umumnya memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta nutrisi lain yang sangat penting bagi tubuh anda.

4. Telur
Telur mengandung nutrisi yang berharga untuk menyehatkan tulang anda. Studi mengungkapkan bahwa telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tulang.

5. Ikan
Sudah banyak penelitian mengungkapkan bahwa ikan mengandung banyak nutrisi seperti kalsium dan vitamin D yang membuat tulang kuat. Di samping itu, minyak ikan juga terbukti dapat mengurangi kemungkinan osteoporosis khususnya pada wanita lanjut usia.

6. Buah kering
Buah kering merupakan makanan ringan yang kaya nutrisi, mudah dibawa dan lebih sehat dibandingkan dengan makanan cepat saji atau junk food. Buah kering seperti almond juga cukup efektif dalam meningkatkan kesehatan tulang dengan baik.

7. Susu dan produk olahan susu
Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium terbaik dan alami. Susu dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk yang berbeda. Produk olahan dari susu seperti keju juga memiliki kualitas yang sama baiknya untuk kesehatan tulang anda.

8. Kacang
Tak perlu diragukan lagi. Kacang-kacangan seperti kedelai juga memiliki kandungan nutrisi penting untuk tulang anda.

9. Lainnya
Jenis makanan lainnya seperti seledri, kacang-kacangan, dan sayuran seperti kubis, brokoli, selada, dll. sangat ampuh untuk mempertahankan kepadatan tulang.

Nah, sekian ulasan tentang 9 sumber makanan yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Pastikan anda mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda dengan menu sehat serta diimbangi dengan olahraga secara teratur agar tulang anda sehat dan terhindar dari osteoporosis. Baca juga: 6 Fakta Penting Tentang Osteoporosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *