Cara Mudah Mencegah Serangan Jantung Sejak Dini

by
Cara Mencegah Serangan Jantung

Cara Mencegah Serangan Jantung | Menurut sebuah survey, salah satu penyebab utama kematian terbesar di dunia saat ini adalah serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh perubahan gaya hidup serta pola makan kita yang tidak sehat.

Jika ditinjau dari segi makanan, masyarakat zaman sekarang lebih sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood ketimbang masakan rumahan. Tidak hanya itu, perubahan gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga, merokok, serta mengkonsumsi alkohol diyakini juga menjadi pemicu munculnya gejala penyakit jantung yang bisa datang kapan pun.

Penyakit jantung juga menyerang seseorang tanpa mengenal usia. Contohnya pun sudah banyak. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit ini sebelum semuanya terlambat.

Kuncinya hanya ada dua, yaitu menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Untuk lebih jelasnya, dua poin tersebut akan dijabarkan dalam ulasan berikut ini. Mari kita simak bersama!!


Tips Penting untuk Mencegah Serangan Jantung


Olahraga

Olahraga kini menjadi kebutuhan dasar bagi manusia modern. Apalagi, pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk di belakang meja kantor selama berjam-jam. Hal ini tentu dapat menyebabkan munculnya lapisan lemak berlebih di tubuh. Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.


Tidur nyenyak

Kerja memang penting, tetapi tubuh Anda juga memerlukan istirahat yang cukup. Tidur malam selama kurang lebih 8 jam berguna untuk menyegarkan serta mengisi ulang energi tubuh Anda.


Hindari stres

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah serangan jantung adalah dengan menghindari stres. Selain tubuh, pikiran Anda juga perlu diistirahatkan. Caranya, lakukan hal-hal yang Anda sukai (hobi) di sela-sela kesibukan Anda yang super menguras pikiran Anda. Masalah memang bagian dari kehidupan, tetapi Anda juga harus pintar mengatasinya. Simak juga: Cara Ampuh Mengatasi Stres dengan Makanan


Periksakan kondisi tubuh

Jika usia Anda 30 tahun atau lebih, periksakan kondisi kesehatan tubuh Anda minimal setahun sekali. Hal ini diperlukan untuk memastikan kesehatan liver, tekanan darah, gula darah dan lipid Anda.


Batasi asupan garam

Asupan sodium yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini juga berdampak buruk bagi kesehatan jantung Anda. Salah satu cara untuk mencegah serangan jantung adalah dengan membatasi asupan garam, khususnya garam meja.


Waspadai lemak

Lemak memiliki beberapa jenis, yaitu lemak jenuh, tak jenuh tunggal, lemak trans dan lemak tak jenuh ganda. Mengkonsumsi jenis lemak yang sesuai akan membuat Anda terhindar dari serangan jantung. Hindari pula untuk memakai minyak goreng yang sudah digunakan.


Faktor keturunan

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, Anda juga berisiko terkena penyakit tersebut. Namun, Anda tidak perlu berputus asa atau pasrah dengan keadaan. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerima kenyataan serta melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencegah serangan jantung.


Hindari merokok

Kebiasaan merokok sudah terbukti tidak sehat dan berbahaya bagi jantung. Merokok dapat menimbulkan kerusakan pada organ jantung dan pembuluh darah yang mengarah pada penyempitan arteri. Wanita yang memakai pil KB dan merokok memiliki resiko yang lebih tinggi terkena serangan jantung karena hal ini meningkatkan kemungkinan pembekuan darah.


Camilan kacang

Ngemil berguna untuk mengusir rasa lapar di antara waktu makan. Namun, Anda juga harus cerdas dalam memilih camilan. Pilihlah camilan kacang-kacangan yang terbukti mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung.


Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas berarti jumlah lemak dalam tubuh Anda terlalu banyak dan dapat membahayakan kesehatan jantung Anda, terutama lemak di sekitar perut. Kendalikan berat badan Anda dengan selektif mengkonsumsi makanan serta berolahraga rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.


Hindari makanan kemasan

Semua makanan kemasan memiliki kandungan sodium yang tinggi serta minyak nabati terhidrogenasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.


Konsumsi ikan

Ikan, terutama salmon dan makarel, mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Baca juga: Manfaat Super Asam Lemak Omega 3


Hindari alkohol

Apapun yang berlebihan itu tidak baik. begitu pula dengan alkohol. Jika dikonsumsi secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada jantung.

Nah, sekian ulasan tentang cara mencegah serangan jantung secara dini. Pastikan Anda menjaga kesehatan jantung Anda dengan menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat.

Informasi Kesehatan:

  • cara menghindari penyakit jantung sejak dini
  • mencegah penyakit jantung sejak dini
  • menjaga jantung sejak dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *