Cara Menurunkan Berat Badan Saat Masa Menyusui

by
Cara Menurunkan Berat Badan Saat Masa Menyusui

Masa Menyusui merupakan waktu yang tepat untuk mengurangi berat badan. Aktivitas menyusui itu sendiri akan membantu anda untuk menurunkan berat badan. Selain itu, menyusui bermanfaat untuk membentuk ikatan emosional antara ibu dan anak.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan ASI jauh lebih sehat daripada mereka yang tidak diberi ASI sama sekali. Oleh karena itu, demi perkembangan buah hati anda, berilah ASI eksklusif kepadanya.

Nah, bagi anda yang mengalami kenaikan berat badan pasca melahirkan, hindari untuk melakukan diet ketat. Selain dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak anda, diet selama masa menyusui terbukti tidak efektif.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa ketika anda menyusui, anda membakar setidaknya 300 kalori. Ini berarti anda akan kembali lapar dalam waktu singkat. Padahal, anda jelas membutuhkan asupan makanan guna memberikan nutrisi terbaik bagi bayi anda.

Kendati demikian, terdapat beberapa cara lain untuk mengurangi berat badan anda selama menyusui. Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, niscaya berat badan yang ideal yang anda idamkan akan didapatkan. Berikut beberapa tips untuk menurunkan berat badan saat menyusui.


1. Mengkonsumsi makanan sehat
Salah satu cara terbaik untuk untuk menurunkan berat badan saat menyusui adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur. Selain itu, gantilah menu camilan anda dengan kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi di antara waktu makan. Dengan cara ini, anda akan dapat mengontrol rasa lapar anda sehingga berat badan anda bisa terkontrol dengan baik.

2. Penuhi asupan cairan tubuh
Tips penting lainnya untuk menurunkan berat badan saat menyusui adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda. Pastikan tubuh anda terhidrasi dengan baik selama olahraga.

Ketika sedang olahraga, tubuh anda akan mengalami dehidrasi lebih dari biasanya. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih dan jus agar kegiatan menyusui berlagsung lancar.

3. Diet bergizi
Kunci kesuksesan dalam menurunkan berat badan adalah mengontrol diri sendiri. Cobalah untuk selalu menerapkan diet bergizi dan sehat. Cara ini akan membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Hindari mengkonsumsi makanan junk food dan gantilah dengan buah-buahan dan sayuran. Protein dan daging tanpa lemak dapat juga anda tambahkan ke dalam menu makanan anda.

4. Olahraga rutin
Sebelum anda menjalani olahraga, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter langganan anda. Anda nantinya akan diberi rekomendasi olahraga apa saja yang cocok bua anda.

5. Cardio
Berjalan kaki selama beberapa menit berguna untuk menurunkan berat badan secara efisien, terutama pada bagian perut. Anda bisa juga melakukannya sambil mendorong troli bayi di sekitar taman.

Nah, demikian ulasan tentang cara menurunkan berat badan saat menyusui. Dengan melakukan pola makan yang sehat serat dibarengi dengan olahraga, anda pun akan mendapatkan bentuk badan yang ideal seperti dulu kala.

Untuk informasi lengkap seputar diet, silahkan baca Panduan Diet Cerdas DI SINI

Anda juga bisa membaca Panduan Cara Merawat dan Mendidik Bayi umur 0-3 tahun, DI SINI

Baca juga artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *