Cara Terbaik untuk Meningkatkan Penglihatan Pada Anak

by
Penglihatan anak

Mata merupakan jendela tubuh kita dan berguna untuk menghubungkan kita dengan dunia. Suatu hal penting bagi kita untuk memahami prinsip kerja mata dan bagaimana otak menerima informasi yang diperoleh oleh penglihatan.

Di samping itu, menjaga kesehatan mata memang penting dilakukan oleh setiap orang. Apalagi di zaman modern saat ini yang serba canggih dan tak lepas dari gadget. Jika kita tidak behati-hati dalam menggunakan indera penglihatan, bisa jadi kita akan mengalami gangguan penglihatan sampai kebutaan.

Memahami fungsi dan kerja penglihatan memang perlu kita lakukan. Tidak hanya kepada diri Anda sendiri, namun pada orang-orang yang Anda cintai, termasuk buah hati Anda.

Sebagai orang tua, Anda harus memainkan peran penting untuk memastikan bahwa penglihatan anak Anda berkembang dengan baik. Pasalnya, terdapat bebagai penyebab mengapa penglihatan anak bekerja secara tidak sempurna. Dalam kasus ini, orangtua juga harus aktif memantaui tanda-tanda kelainan pada penglihatan buah hati mereka. Jika Anda merasa ragu, periksakanlah kondisi buah hati Anda ke dokter.

Oleh karena itu, menerapkan pola kebiasaan yang sehat sangat perlu dilakukan guna membantu memperbaiki penglihatan anak Anda. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penglihatan anak Anda. Selain itu, amati pula fase-fase perkembangan penglihatan pada anak sehingga terjadi kelainan, Anda bisa dengan cepat mencari solusi terbaik.

Dalam ulasan berikut ini, kami akan sampaikan tahap perkembangan penglihatan anak mulai usia 0 tahun hingga 2 tahun serta tindakan apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan penglihatan si kecil. Mari kita simak bersama.

  • Usia 0 sampai 4 bulan.

Selama tahap ini, sebaiknya gunakan lampu redup di kamar bayi. Paparan cahaya yang terlalu terang tidak baik untuk mata si kecil. Ini merupakan salah satu tips penting orangtua.

Selain itu, ubahlah posisi ranjang bayi kea rah yang berbeda-beda. Hal ini akan membantu agar mereka dapat melihat objek yang berbeda-beda.

Jarak pandang mainan yang bercahaya juga harus minimal 8-12 inci dari bayi. Ini merupakan salah satu cara sederhana untuk meningkatkan penglihatan anak.

Satu hal penting lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mengajak bayi untuk mengobrol di sekitar ruangan. Hal ini akan membantu mereka untuk melacak suara Anda.

  • 5 sampai 8 bulan

Dalam fase ini, Anda bisa merangsang perkembangan penglihatan anak dengan menggantung beberapa mainan yang bergerak di atas tempat tidur. Hal ini akan membuat anak mencoba untuk menjangkau dan meraihnya. Tips ini juga berguna untuk melatih koordinasi tangan-mata juga.

Mainan yang berwarna-warni juga harus diberikan kepada mereka karena hal ini akan membantu dalam pengembangan visual.

  • 9 hingga 12 bulan

Salah satu cara untuk meningkatkan daya penglihatan anak adalah bermain petak umpet dengan anak (ciluk baa!). Hal ini akan membantu mereka untuk meningkatkan memori visual.

Penamaan benda juga membantu dalam pengembangan visual. Anda juga dapat meminta anak untuk menunjuk ke objek tertent ketika Anda menyebutkan namanya.

  • 1 sampai 2 tahun

Lempar atau gelindingkan objek tertentu seperti bola ke arah yang berbeda dan biarkan si kecil melacak mereka secara visual.

Anda juga bisa menceritakan kisah bergambar. Cara ini akan membantu mereka untuk menyelaraskan antara penglihatan dan imajinasi mereka.

Nah, demikian tips sederhana untuk meningkatkan penglihatan buah hati Anda sejak usia dini. Selain dapat membuat penglihatan berfungsi normal, tips atas juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *