6 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Osteoporosis

by
Fakta Menarik Tentang Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang progresif dimana kepadatan tulang semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jika tidak segera dicegah, osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang karena strukturnya yang rapuh.

Kelainan ini sebenarnya bisa dialami baik wanita maupun pria. Namun, wanita mempunyai resiko lebih tinggi terkena osteoporosis dibandingkan laki-laki. Di samping itu, potensi kemungkinan seorang wanita terkena osteoporosis yaitu ketika mereka telah mengalami masa menopause.

Osteoporosis sendiri diklasifikasikan menjadi tiga jenis: Primer I dan II dan sekunder. Osteoporosis primer I atau osteoporosis pasca menopause adalah jenis osteoporosis yang paling sering dialami wanita setelah menopause. Sementara osteoporosis sekunder bisa diderita baik pria maupun wanita di atas usia 75 tahun. Kendati demikian, wanita tetap memiliki resiko lebih tinggi dengan rasio 2: 1.

Osteoporosis sekunder biasanya disebabkan oleh terlalu sering menggunakan obat-obatan dan steroid. Jenis osteoporosis ini juga bisa dikatakan osteoporosis yang dipicu oleh steroid. Berikut adalah beberapa fakta yang perlu anda ketahui tentang osteoporosis.


6 Fakta Menarik Tentang Osteoporosis

1. Kelainan osteoporosis umumnya tidak disertai gejala tertentu. Jadi, jika anda ingin mengetahui apakah anda mengalami osteoporosis yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, orang yang terkena osteoporosis biasanya mudah mengalami masalah tulang, seperti patah tulang. 

Orang yang memiliki tulang normal tidak akan mudah mengalami patah tulang ketika terjadi benturan ringan. Tetapi jika anda terkena osteoporosis, kepleset saja dapat membuat tulang anda patah. Oleh karena itu, segera lakukan tindakan pencegahan sebelum semuanya terlambat.
2. Meskipun semua orang beresiko menderita osteoporosis serta mengalami penurunan kepadatan tulang, ras Eropa dan Asia ternyata cenderung memiliki resiko lebih tinggi terjangkit kelainan ini ketimbang ras lain.

3. Osteoporosis yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu dapat anda hindari. Caranya, cobalah untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang memicu munculnya kelainan ini. Namun untuk jenis osteoporosis lain, tentu anda tidak akan mampu berbuat banyak untuk menghindarinya.

4. Risiko terkena osteoporosis meningkat seiring pertambahan usia. Sementara wanita yang telah melewati masa menopause akan mengalami penurunan tingkat estrogen. Inilah yang memicu resiko lebih besar kelainan osteoporosis pada wanita. 

Sedangkan pada pria, meskipun mereka juga mengalami penurunan kadar testosterone, faktanya angka penyakit osteoporosis pada pria lebih rendah ketimbang wanita.

5. Seseorang yang mempunyai postur tubuh kecil juga memiliki risiko lebih besar terkena osteoporosis.

6. Alkohol dalam jumlah kecil baik untuk kesehatan tulang. Namun sebaliknya, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, kepadatan tulang anda akan menurun drastis.

Nah, demikian 6 fakta menarik tentang osteoporosis. Perubahan gaya hidup yang menyehatkan akan membuat anda terhindar dari osteoporosis sekunder. Berhentilah minum alkohol dan merokok serta lakukan olahraga teratur.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *