12 Gejala dan Tanda Kanker Pada Pria

by
Gejala dan Tanda Kanker Pada Pria

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan dan sulit disembuhkan. Jika tidak segera dideteksi secara dini, kanker dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kanker serta tidak mengabaikannya begitu saja.

Dibandingkan dengan wanita, pria ternyata lebih rentan terhadap jenis penyakit ini. Gejala-gejalanya pun bisa dibilang sangat umum sehingga banyak pria seringkali mengabaikannya dan tak kunjung memeriksakan diri ada dokter.

Apalagi, tanda-tanda kanker mirip dengan gejala penyakit lain. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikannya dan kenali gejalanya untuk menghindari resiko terburuk yang mungkin bisa terjadi. Berikut tanda dan gejala kanker pada pria. Mari kita simak bersama.


12 Gejala dan Tanda Kanker Pada Pria

1. Nyeri saat buang air kecil
Kanker prostat tampaknya telah menjadi mimpi buruk pria dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda mengalami sakit saat buang air kecil atau urin berwarna merah darah, Anda harus segera mengunjungi dokter.

2. Perubahan pada testis
Tanda yang paling menonjol kanker pada pria adalah perubahan warna pada testis. Jika Anda kebetulan melihat ada warna gelap pada testis Anda atau menemukan benjolan tertentu, Anda harus memeriksakannya.

3. Perubahan pada kulit
Para ahli percaya bahwa pria di atas usia 50 cenderung rentan terhadap kanker kulit. Jika Anda melihat perubahan warna kulit yang abnormal, itu dapat menjadi salah satu tanda kanker pada pria. Baca juga: Jenis-Jenis Kanker yang Paling Umum

4. Luka yang tidak wajar
Luka di mulut yang tidak segera sembuh dalam waktu yang lama merupakan gejala yang perlu Anda khawatirkan. Pastikan juga untuk memeriksa apakah ada perubahan warna seperti bercak putih, merah atau biru di sekitar luka tersebut.

5. Batuk kronis
Batuk kronis selama periode waktu yang lama dapat menjadi kanker pada pria. Jika penggunaan obat tidak kunjung bisa mengatasi batuk Anda, bisa jadi itu tanda dan gejala dari kanker paru-paru. Simak tentang: Cara Sederhana Mencegah Penyakit Kanker

6. Kotoran berdarah
Darah yang ditemukan dalam tinja tidak boleh diabaikan. Jika Anda sedang mengalami sembelit atau wasir, buang air besar berdarah kemungkinan besar akan Anda alami. Oleh sebab itu, segera obati atau periksakan diri ke rumah sakit terdekat.

7. Sakit perut yang tak kunjung sembuh
Pria yang mengalami rasa sakit / kram terus-menerus pada perut bagian bawah yang tidak biasa harus segera berkonsultasi dengan dokter. Gejala dan tanda kanker ini dapat berhubungan erat dengan leukemia atau kanker esofagus, hati, pankreas atau kolorektal. Selengkapnya tentang: Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Hati

8. Demam yang sering kambuh
Tanda awal kanker darah atau leukemia yaitu sering mengalami demam tinggi dan menggigil. Jangan abaikan tanda ini dan segera tanyakan kepada dokter.

9. Sulit menelan makanan
Kanker paru-paru memiliki gejala susah menelan dan terasa nyeri di tenggorokan. Jika Anda merasakan gejala tersebut dan tak kunjung sembuh, maka Anda harus memeriksakan kondisi Anda ke dokter.

10. Kulit memar
Tanda awal leukemia mengacaukan kemampuan darah untuk membawa oksigen dan membentuk gumpalan. Jika kulit Anda mengalami gumpalan di area tertentu, maka kemungkinan itu bisa menjadi salah satu tanda-tanda kanker.

11. Berat badan menurun drastis
Jika Anda tidak sedang menjalani program penurunan berat badan, namun ternyata berat badan Anda tiba-tiba menurun dengan cepat, Anda harus mewaspadainya. Penurunan berat badan yang cepat adalah salah satu tanda kanker terkait dengan usus atau hati.

12. Cepat merasa lelah
Leukemia dan limfoma sering menyebabkan kelelahan pada penderitanya. Jika Anda merasa lelah dan merasa tertekan sepanjang hari padahal Anda tidak melakukan pekerjaan apapun, langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter.


Sekian ulasan tentang 12 gejala dan tanda umum kanker pada pria. Jangan pernah mengabaikan gejala-gejala di atas karena jika segera diatasi, kanker akan dengan mudah disembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *