Hindari Mengkonsumsi Buah Ini Ketika Sedang Hamil

by
3 Buah yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Buah yang Berbahaya bagi Ibu Hamil | Bagi seorang wanita yang sedang hamil, menjaga asupan makanan sangatlah penting dilakukan. Di samping itu, mereka juga harus berhati-hati dalam memilah dan memilih makanan, mana yang boleh dimakan dan mana yang dilarang untuk dikonsumsi.

Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil tentu harus selektif dalam memilih makanan. Jika dibutuhkan, konsultasikan dengan petugas medis, seperti bidan atau dokter spesialis kandungan.

Salah satu jenis makanan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil adalah buah-buahan. Meski buah-buahan kaya akan nutrisi dan vitamin, ada baiknya untuk menunda mengkonsumsi jenis buah-buahan berikut ini selama mengandung.


3 Buah yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

1. Pepaya
Wanita hamil harus menghindari makan pepaya karena dapat menyebabkan keguguran atau persalinan dini. Pepaya mentah dan setengah matang kaya akan lateks yang dapat memicu kontraksi rahim.

Sebaiknya, anda mengkonsumsi pepaya yang sudah matang selama kehamilan karena kaya akan vitamin C dan nutrisi yang mampu menyembuhkan masalah kehamilan seperti mulas dan sembelit.

Pepaya yang dicampur dengan madu dan susu merupakan obat yang sangat baik untuk wanita hamil dan selama masa menyusui. Namun, untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, subtitusikan buah pepaya dengan buah lain. Simak juga: 10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

2. Anggur
Ahli kesehatan menyarankan wanita hamil sebaiknya menghindari buah-buahan seperti anggur. Anggur hitam adalah salah satu buah yang harus dihindari selama kehamilan khususnya selama trimester pertama karena buah tersebut akan meningkatkan suhu dalam tubuh yang berbahaya bagi bayi.

3. Nanas
Hindarilah buah ini selama masa kehamilan. Nanas kaya kandungan bromelain yang dapat membuat leher rahim rapuh sehingga menyebabkan kelahiran premature atau keguguran. Wanita hamil diperbolehkan mengkonsumsi beberapa iris nanas tetapi tidak selama trimester pertama.

Untuk merangsang dan mempermudah proses persalinan, anda dapat meminum jus nanas namun sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan anda sebelum melakukannya.

Nah, demikian artikel singkat tentang buah yang harus dihindari selama masa kehamilan. Penuhi asupan vitamin anda dengan tetap mengkonsumsi buah-buahah sesuai dengan petunjuk dokter. Pastikan juga buah dan sayuran yang anda konsumsi benar-benar bersih agar terhindar dari infeksi dari toxmoplasmosis.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *