Inilah 6 Khasiat Madu untuk Kesehatan Buah Hati Anda

by
Manfaat madu untuk anak

Madu merupakan salah satu anugerah terbesar yang diberikan Tuhan bagi umat manusia. Selain rasanya yang nikmat, madu juga mengandung khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. 


Dalam proses produksinya, lebah memainkan peran yang sangat penting. Mereka mengumpulkan nektar yang berasal dari bunga, menelannya, lalu memuntahkan kembali di sarang. Selanjutnya, melalui proses tertentu yang cukup panjang, maka terciptalah madu.

Madu sudah terbukti memiliki beragam khasiat dan telah digunakan secara tradisional di berbagai belahan dunia, seperti Mesir, Yunani, Roma dan India untuk tujuan pengobatan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyertakan madu ke dalam menu harian keluarga anda, tak terkecuali untuk sang buah hati.

Pasalnya, madu sangat berguna untuk tumbuh kembang anak. Selain dapat menyehatkan tenggorokan, madu juga berkhasiat membuat fungsi hati bekerja normal dan sehat. Karena itulah, pastikan anda memasukkan madu ke dalam makanan harian anak anda.

Meski demikian, anda harus tetap berhati-hati dalam membeli madu karena banyak sekali madu palsu yang beredar di pasaran. Selain itu, hindari pula untuk memberikan madu untuk bayi di bawah usia 12 bulan.

Lalu apa saja manfaat dari madu bagi kesehatan khususnya untuk anak-anak? Berikut 6 khasiat penting madu yang menyehatkan bagi buah hati anda. Mari kita simak bersama.


6 Khasiat Penting Madu untuk Anak dan Balita

1. Energi yang berkesinambungan
Madu tersusun atas fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Sedangkan gula normal hanya mengandung sukrosa dan glukosa yang dapat dicerna dan diserap tubuh dengan sangat cepat. Alhasil, kadar gula darah dalam tubuh pun meningkat pesat.

Sementara fruktosa dalam madu tidak mudah dicerna. Maka dari itu, madu sangat efektif untuk mempertahankan tingkat energi dalam tubuh. Anak-anak perlu mengkonsumsi madu karena mereka memiliki tingkat energi yang rendah.

2. Mengandung vitamin dan mineral
Salah satu alasan mengapa anda harus memasukkan madu ke dalam menu makanan buah hati anda adalah karena kandungan nutrisi esensial dalam madu. Kuantitas vitamin dan mineral yang hadir dalam madu lebih dari cukup bagi anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Madu juga mengandung banyak asam amino yang bermanfaat dalam pertumbuhan fisik anak, terutama balita.

3. Melindungi hati
Penelitian telah membuktikan bahwa overdosis obat-obatan dapat menyebabkan gagal hati. Madu memiliki efek perlindungan pada hati. Inilah salah satu alasan mengapa anda perlu memasukkan madu dalam asupan nutrisi pada anak dan balita.

4. Meningkatkan imunitas
Balita dan anak-anak biasanya rentan terhadap infeksi. Dengan mengkonsumsi madu, mereka akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat karena sifat madu yang mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh.

5. Meredakan batuk
Madu juga dapat digunakan obat batuk pada anak. Terdapat kandungan tertentu dalam madu yang bekerja pada selaput lendir serta mengatasi peradangan yang menjadi penyebab batuk.

6. Meningkatkan sel darah putih
Anak-anak yang sering terpapar radiasi saat kemoterapi akan memiliki jumlah sel darah putih yang rendah, terutama bagi anak-anak yang menderita kanker. Mengkonsumsi madu merupakan salah satu cara yang paling alami untuk mencegah turunnya sel darah putih dalam tubuh.

Nah, sekian ulasan tentang 6 khasiat madu untuk kesehatan anak dan balita. Selalu sediakan madu di atas meja atau di dalam kulkas anda. Anda juga bisa menggunakan madu sebagai campuran makanan atau minuman favorit anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *