Benarkah Cokelat Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

by
Manfaat Cokelat bagi Penderita Diabetes

Cokelat merupakan salah satu hidangan lezat yang seringkali membuat kita ketagihan. Rasa manis pada cokelat membuat hampir semua orang menyukai makanan ini, termasuk penderita diabetes. Tapi benarkah cokelat berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2?

Jawabannya adalah tidak berbahaya tapi dengan beberapa catatan. Bahkan, cokelat sangat dianjurkan karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Berikut alasan mengapa cokelat sangat baik untuk penderita diabetes.


Manfaat Cokelat bagi Penderita Diabetes

1. Mengandung flavanoids
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa cokelat mengandung flavanoids yang bermanfaat untuk diabetes tipe 2. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid untuk mengurangi efek negatif dari diabetes tipe 2.

Flavanoids berguna untuk mengurangi resistensi insulin serta mengatur kadar glukosa. Inilah alasan paling kuat mengapa mengkonsumsi cokelat sangat dianjurkan bagi penderita diabetes tipe 2. Baca juga: 5 Cara Mencegah Daibetes Tipe 2

Selain itu, flavanoids juga membantu dalam mengendalikan protein dalam tubuh dan meningkatkan kerja serta metabolisme. Oleh karena itu, cokelat boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 serta tidak membahayakan.

2. Dark Chocolates
Cokelat dengan kadar gula tinggi serta mengandung susu sangat berbahaya bagi pasien diabetes tipe 2 dan dapat mengakibatkan peningkatan gula dalam darah jika dimakan di luar proporsi.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengkonsumsi dark chocolates karena segudang manfaat di dalamnya. Cokelat gelap mengandung lebih banyak flavanoids dibandingkan cokelat susu biasa. Alhasil, kinerja insulin berjalan baik sehingga penyakit diabetes tipe 2 yang anda derita terkendali.

3. Konsumsilah secara seimbang
Cokelat susu maupun dark chocolate tidak berbahaya bagi pasien diabetes asalkan dimakan secara seimbang. Karenanya, imbangi pula dengan olahraga rutin ketika anda mengkonsumsi cokelat.

Cokelat mengandung flavonoid yang baik untuk pasien diabetes, namun anda tetap harus mewaspadai kandungan gula dalam cokelat. Oleh karena itu, anda sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang banyak membakar kalori seperti olahraga.

4. Sertakan dengan makanan sehat lainnya
Agar asupan cokelat tidak berbahaya bagi penderita diabetes, usahakan untuk mengkombinasikan dengan jenis makanan sehat lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan. Kombinasi antara buah-buahan dan dark chocolate mempunyai dampak yang sangat baik bagi kesehatan.

Nah, sekian ulasan tentang manfaat cokelat bagi penderita diabetes. Pada intinya, pasien diabetes boleh mengkonsumsi cokelat asalkan dengan porsi yang tepat serta seimbang.


Informasi Kesehatan:

  • apa manfaat ovaltin coklat untuk penyakit diabetes
  • coklat bubuk dan diabetes
  • gula tinggi apakah bodleh makan coklat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *