12 Manfaat Sehat Meminum Banyak Air Putih

by
Manfaat Sehat Meminum Banyak Air Putih

Manfaat Minum Air Putih | Dari semua makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, ada satu asupan yang membuat kita tetap hidup, bebas kalori dan bisa dibilang gratis, yaitu: air putih.

Air memang sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Oleh sebab itu, menjaga asupan air putih setiap hari mutlak diperlukan. Selain dapat membuat kinerja tubuh kita berjalan sempurna, mengkonsumsi air yang cukup juga menghindarkan kita dari berbagai serangan penyakit.


Manfaat Minum Air Putih yang Cukup

1. Meningkakan kekuatan otak
Kekurangan asupan air atau biasanya disebut dehidrasi memicu gangguan otak. Sebuah studi menemukan bahwa siswa yang membawa air putih selama ujian memiliki nilai yang lebih tinggi. Penelitian ini menegaskan bahwa konsumsi air yang cukup membuat otak kita bekerja secara optimal.

2. Mencegah kanker
Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik dapat mengurangi risiko kanker usus sebesar 45 persen dan kanker kandung kemih 50 persen, serta kanker payu*dara. Simak juga: Cara Sederhana Mencegah Penyakit Kanker

3. Meningkatkan mood
Para peneliti mengatakan bahwa dehidrasi terbukti dapat mempengaruhi suasana hati dan membuat anda gampang marah dan bingung. Oleh karena itu, cukupilah cairan tubuh anda dengan meminum lebih banyak air agar pikiran jernih dan bahagia.

4. Meredakan nyeri sendi
Meningkatkan asupan air dapat meringankan rasa sakit pada sendi. Dengan asupan air yang cukup, tulang rawan mampu bekerja dengan baik.

5. Meredakan rasa mabuk
Salah satu penyebab rasa mual dan mabuk adalah dehidrasi. Maka dari itu, penuhi asupan cairan tubuh anda dengan mengkonsumsi air mineral.

6. Menurunkan berat badan
Meminum air putih yang banyak dipercaya mampu menurunkan berat badan. Dengan banyak minum air putih, anda akan merasa lebih kenyang dan enggan makan makanan yang berkalori.

7. Menyehatkan kulit
Racun yang ada dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan kulit sehingga membuat pori-pori tersumbat serta menimbulkan jerawat. Dengan mengkonsumsi air putih, racun yang ada dalam tubuh anda akan ikut terbuang.

8. Menjaga keseimbangan cairan
Hampir 60 persen dari tubuh kita tersusun atas air. Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, anda tentu perlu minum banyak air. Hal ini sangat diperlukan untuk mengatur suhu tubuh, mencerna makanan dan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

9. Meningkatkan kinerja usus
Penyakit sembelit umumnya dialami mereka yang mengonsumsi sedikit air. Oleh sebab itu, praktisi medis menyarankan para penderita sembelit untuk meningkatkan asupan air.

10. Meredakan nyeri
Mengkonsumsi lebih banyak air putih berguna untuk meringankan peradangan dan nyeri di tubuh anda karena dapat merangsang sistem limfatik yang berfungsi menghilangkan racun dan zat-zat tak berguna dalam jaringan tubuh.

11. Menambah energi pada otot
Berolahraga menyebabkan otot-otot tubuh anda akan kehilangan banyak air dan kelelahan. Pastikan tubuh anda tetap terhidrasi sebelum dan setelah latihan agar otot anda cepat pulih.

12. Membantu membuang racun
Minum banyak air membantu menghilangkan racun dalam tubuh melalui keringat dan ginjal. Air bermanfaat untuk membersihkan sistem jaringan dan organ tubuh anda dari berbagai jenis racun.

Nah, sekian ulasan singkat tentang 12 manfaat minum banyak air putih bagi kesehatan. Mulai dari sekarang, penuhi asupan cairan tubuh anda dengan meminum air putih yang cukup agar tubuh tetap fit serta terhindar dari berbagai penyakit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *