13 Manfaat Mengagumkan Sinar Matahari untuk Kesehatan

by
Manfaat sinar matahari

Matahari merupakan sumber kehidupan yang memang terbukti luar biasa. Dengan adanya sinar matahari, kehidupan di bumi menjadi seimbang dan teratur. Hampir semua makhluk hidup yang ada di planet kita membutuhkan sinar matahari.

Secara astronomis, matahari adalah pusat tata surya di galaksi Bima Sakti yang menjadikannya obyek terbesar (98 persen) dari total massa tata surya. Menurut pendapat para ilmuwan, matahari sampai saat ini masih memiliki energi yang bisa digunakan untuk lima miliar tahun mendatang.

Matahari mempunyai tiga jenis radiasi, yaitu ultraviolet, sinar tampak, dan sinar inframerah. Matahari juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan bagi manusia. Radiasi sinar UV merupakan sumber vitamin D dan berguna untuk memperbaiki mood. Bahkan, sinar UV juga dapat digunakan untuk memurnikan air untuk digunakan oleh manusia.

Banyak penyakit kulit seperti psoriasis dan infeksi jamur dapat disembuhkan dengan radiasi matahari. Sinar matahari juga baik untuk menyembuhkan vitiligo, yakni suatu kondisi yang menyebabkan depigmentasi kulit.

Selain itu, matahari diyakini bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi. Bahkan, matahari juga bermanfaat untuk pasien yang menderita penyakit jantung, asma, kanker dan hipertensi. Pasalnya, orang yang terkena penyakit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya paparan sinar matahari.

Kemampuan matahari dalam membantu tubuh untuk menghasilkan vitamin D memberikan dampak positif bagi manusia. Selain dapat membantu dalam penyembuhan berbagai penyakit, seperti sclerosis, alergi, asma, infeksi, otot lemas dan depresi, radiasi ultraviolet dari matahari juga membantu dalam membunuh kuman, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan gigi dan tulang. Berikut 13 manfaat lain sinar matahari bagi kehidupan manusia.


13 Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan penyakit kulit
Paparan sinar matahari selama sekitar empat minggu dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis.

2. Memperbaiki suasana hati
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berjemur di bawah matahari di pagi hari yang cerah dapat merilekskan pikiran dan mengurangi stres.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Selain mampu mengurangi kadar kolesterol berlebih dan meningkatkan kesehatan jantung, paparan sinar matahari konon dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

4. Mencegah kanker
Manfaat lain sinar matahari yaitu mencegah munculnya berbagai jenis kanker, seperti kanker payu dara, kanker usus besar serta kanker prostat. Selain itu, matahari juga berguna dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membunuh bibit sel kanker. 


Namun, jika anda terlalu lama terkena sinar matahari, maka hal itu dapat menyebabkan kanker kulit. Simak ulasan tentang: Cara Sederhana Mencegah Penyakit Kanker

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi dalam melawan penyakit infeksi. Matahari bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan gamma globulin yang keduanya penting untuk melawan infeksi. Dengan demikian, tubuh kita akan terhindar dari berbagai infeksi virus dan bakteri.

6. Membuat tidur nyenyak
Setiap kali sinar matahari masuk ke mata kita, makan terdapat sinyal yang masuk ke otak melalui saraf optik. Proses ini nantinya akan meningkatkan produksi bahan kimia yang disebut melatonin. Zat inilah yang membantu dalam memperbaiki kualitas tidur malam kita.

7. Membersihkan tubuh dan kulit
Ketika kita berjalan di bawah sinar matahari selama beberapa jam, tubuh kita akan mengelurkan banyak berkeringat sehingga meningkat asupan cairan tubuh. Dampaknya, kita akan mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya.

Air yang kita minum kemudian akan diekskresikan sebagai urin dan bersamaan dengan itu racun dari tubuh kita akan ikut keluar. Selain itu, keringat juga dapat membersihkan pori-pori kulit dan membuat kulit fresh dan tampak sehat.

8. Mencegah multiple sclerosis
Sinar matahari telah terbukti mampu mencegah pengerasan jaringan tubuh yang dapat menyebabkan aterosklerosis. Jika pembuluh darah kaku, aliran darah ke organ-organ vital tubuh akan menurun dan dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung.

Sinar matahari memiliki efek yang dapat membuat jaringan tubuh rileks sehingga penyakit multiple sclerosis pun dapat dicegah.

9. Membuat tubuh lebih energik
Manfaat lain dari paparan matahari yaitu meningkatkan kapasitas sel darah merah untuk membawa oksigen ke tubuh. Akibatnya, tubuh kita akan terasa bertenaga dan aktif.

10. Mencegah infeksi jamur
Radiasi matahari yang efektif dapat membantu mengurangi infeksi jamur kulit dengan membunuh jamur yang tumbuh di lingkungan yang lembab.

11. Menurunkan kadar kolesterol
Vitamin D, yang diproduksi melalui paparan sinar matahari, menyerap kolesterol berlebih yang terdapat dalam darah dan mengubahnya menjadi hormon steroid. Baca juga: Inilah Makanan Terbaik Sumber Vitamin D

12. Mencegah kepikunan
Sinar matahari merangsang berbagai bahan kimia dalam tubuh yang berguna dalam menjaga kesehatan otak.

13. Meningkatkan pertumbuhan pada anak
Studi terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak yang terkena sinar matahari di beberapa bulan pertama sejak kelahiran akan mempunyai tinggi badan yang optimal serta postur tubuh yang lebih baik.

Nah, sekian ulasan panjang lebar tentang manfaat luar biasa sinar matahari. Rasanya tidak akan pernah cukup untuk menjelaskan berbagai manfaat dari salah satu anugerah ciptaan Tuhan ini yang tentunya sangat berarti bagi kehidupan manusia.

Informasi Kesehatan:

  • bagamaimana energi matahari dimanfaatqqkan energi berguna?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *