Rambut Anda Kering & Tipis? Mungkin Ini Penyebabnya

by
Penyebab Rambut Tipis

12 Penyebab Rambut Tipis | Mempunyai rambut tipis tentu membuat anda tidak memiliki banyak pilihan dalam mengkreasikan gaya rambut. Sebaliknya, ketika rambut anda tebal, anda dapat mencoba berbagai gaya rambut.

Namun tahukah anda bahwa terdapat beberapa kebiasaan yang dapat membuat rambut anda tipis. Misalnya saja penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat serta proses stylish yang terlalu sering. Selain itu, rambut tipis bisa disebabkan juga karena paparan sinar matahari secara langsung.

Jika pekerjaan anda mengharuskan berada di luar ruangan dan kontak langsung dengan sinar matahari, selalu lindungi rambut anda dengan memakai topi. Hal ini akan membantu dalam mencegah rambut anda dari kerusakan yang parah. Berikut beberapa alasan dan kebiasaan yang membuat rambut anda tipis.


12 Penyebab Rambut Tipis dan Rusak

1. Mandi air hangat
Salah satu penyebab yang bisa membuat rambut anda menipis adalah karena paparan suhu panas. Hindari untuk menyiramkan air hangat langsung di kepala karena dapat merusak rambut anda.

2. Rebonding
Kebiasaan menggunakan pemanas untuk meluruskan atau mengeriting rambut juga akan menyebabkan kerusakan pada akar rambut. Ini adalah salah satu kebiasaan terburuk yang membuat rambut anda tipis.

3. Terlalu sering dicuci
Tidak hanya membuat rambut kering, mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut anda menipis perlahan-lahan. Cucilah rambut anda secara rutin namun tidak terlalu sering.

4. Menyisir rambut basah
Para ahli telah menyarankan untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. Sebab, hal itu menyebabkan rambut anda bercabang dan menipis.

5. Gaya rambut yang ketat
Gaya rambut yang ketat seperti kepang bisa menyebabkan rambut anda tipis. Meskipun terkadang sudah menjadi tuntutan, sesekali biarkan rambut anda terurai agar semakin parah.

6. Salah shampoo
Sampo yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada rambut anda. Dampaknya akan membuat rambut anda kering. Selain itu, rambut anda akan menipis dan munculnya berbagai macam masalah kulit kepala.

7. Kondisioner
Menggunakan kondisioner terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut anda rusak. Meskipun dapat membuat rambut anda lembut seketika, pemakaian jangka panjang juga dapat membuat rambut anda rusak dan menipis.

8. Menyikat rambut
Cara terbaik untuk mencegah rambut menipis adalah dengan menyikatnya ketimbang menyisirnya. Tips ini akan membuat rambut anda terhindar dari kerusakan.

9. Hindari penggunaan hair dryer
Kebiasaan lain yang bisa membuat rambut anda tipis adalah penggunaan hair dryer yang terlalu sering. Hal itu memiliki dampak yang sama ketika rambut anda terpapar sinar matahari secara langsung.

10. Perawatan salon
Hal lain yang dapat membuat rambut anda tipis adalah perawatan di salon yang kelewat rutin. Produk yang digunakan pada rambut anda menyebabkan banyak kerusakan pada kulit kepala, sehingga mempengaruhi kesehatan akar rambut.

11. Kurangnya perawatan alami
Agar rambut anda terawat sempurna, cobalah untuk melakukan perawatan secara alami. Menghindari perawatan alami justru membuat rambut anda semakin menipis.

12. Membiarkan rambut kering
Menghindari penggunaan minyak rambut juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Membiarkan rambut kering tanpa minyak akan membuatnya rapuh dan tipis.

Nah, demikian ulasan 12 penyebab yang membuat rambut anda tipis. Rambut merupakan mahkota yang perlu dijaga kesehatannya. Oleh sebab itu, jangan biarkan rambut anda rusak karena kebiasaan anda sendiri.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *