Inilah Penyebab Utama Kenapa Diet Anda Selalu Gagal

by
Penyebab Kegagalan dalam Diet

Mengapa kebanyakan diet gagal? Topik ini mungkin sering dibicarakan dan dialami oleh banyak orang. Satu hal terpenting yang perlu anda ingat adalah berhati-hatilah sebelum anda mengambil program diet tertentu. Pasalnya, ada beberapa program diet yang baik dan ada beberapa yang tidak cocok buat anda.

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang gagal menjalani diet. Selain terlalu cepat menyerah, mereka juga kurang taat dalam mematuhi aturannya. Hasilnya, mereka pun hanya membuang-buang banyak uang untuk mengikuti program diet baru tanpa ada hasil yang nyata.

Diet yang baik tentu dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Jika makanan anda tidak memiliki salah satu zat gizi yang diperlukan, biasanya anda akan cenderung merasa lelah menjalani diet.

Jadi, diet yang mengharuskan anda untuk tidak mengkonsumsi sumber makanan penting tertentu akan membuat anda merasa lelah dalam beberapa hari pertama. Ketika sudah lelah, anda akan cepat menyerah dan putus asa. Inilah yang menjadi penyebab utama kenapa diet anda selalu gagal. Berikut kami bagikan beberapa alasan kenapa banyak diet yang berujung dengan kegagalan.


1. Menyesuaikan olahraga dan pola makan
Patut diingat bahwa rencana diet yang baik harus juga disertai dengan rencana olahraga yang cocok untuk mencapai tujuan utama yaitu menurunkan berat badan. Jika rencana olahraga tidak sesuai dengan rencana pola makan, maka diet anda terancam gagal total.

2. Efek jangka panjang
Diet pada dasarkannya dirancang untuk mencapai tujuan jangka pendek. Meski demikian, diet juga memiliki efek jangka panjang. Ini sebabnya mengapa kebanyakan diet gagal meskipun mereka menunjukkan hasil jangka pendek.

Kebanyakan orang tidak konsisten menjalankan diet mereka setelah mendapatkan hasilnya dalam waktu singkat. Alhasil berat badan mereka akan kembali meningkat ketika mereka berhenti melakukan diet.

3. Mengecualikan makanan tertentu
Mengapa kebanyakan diet gagal? Yups! Itu karena beberapa diet melarang untuk mengkonsumsi makanan tertentu meski sangat dibutuhkan oleh tubuh. dengan kata lain, anda harus mengubah gaya hidup anda. Padahal, tidak semua orang melakukannya. Jadi, ketika rencana diet tersebut tidak realistis, anda pun akan kesulitan melaksanakannya.

4. Terlalu cepat menyerah
Nah, inilah alasan utama kenapa banyak orang yang gagal menjalani diet: terlalu cepat menyerah. Sebaik apapun diet yang anda jalani, kalau anda tidak mematuhi aturannya serta cepat menyerah, anda akan selamanya tidak berhasil.

Nah demikian ulasan singkat tentang penyebab kegagalan dalam menjalani diet. Bagi anda yang ingin menjalani diet, berhati-hatilah dalam memilih program diet. Pasalnya, beberapa diet memang dirancang hanya untuk meraih popularitas secara instan. Sementara itu, ada juga beberapa program diet yang tidak didukung dengan penelitian yang cukup sehingga keberhasilannya pun diragukan.


Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *