Lesung Pipi, Kelainan yang Membuat Senyum Anda Mempesona

by
Penyebab Munculnya Lesung Pipi

Lesung pipi biasanya dipandang sebagai simbol kecantikan atau ketampanan yang sangat memikat bagi semua orang. Lesung bisa menjadi anugerah jika tumbuh di pipi atau dagu anda, namun akan menjadi kutukan dan mimpi buruk ketika muncul di paha, atau biasa disebut dengan selulit.

Lesung merupakan lekukan menonjol di kulit yang disebabkan oleh daging yang berada di dalamnya. Jenis lesung yang paling didambakan setiap orang tentu berada di pipi. Namun tahukah anda bahwa lesung ternyata bisa hadir di bagian tubuh lainnya tanpa anda sadari, seperti paha, pantat, punggung bawah, dagu, dll.

Keberadaan lesung di berbagai bagian di tubuh mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Lesung di dagu, misalnya, terjadi ketika struktur tulang yang menjadi dasar rahang berkembang dengan menekan di area tengah sehingga menimbulkan lekukan.

Sementara lesung pipi dipercaya hadir karena diwariskan dan disebabkan oleh gen. Lipatan wajah ini yang secara otomatis muncul ketika seseorang tersenyum dan dibentuk oleh otot ganda zygomaticus bifida yang menarik kulit ke dalam.

Lesung pipi merupakan cacat lahir dimana zygomaticus utama berukuran lebih pendek dibandingkan kebanyakan orang. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa gangguan pertumbuhan jaringan ikat subkutan selama perkembangan embrio.


Lesung terkait erat dengan genetika
Lesung memiliki perilaku yang dominan. Artinya, anda hanya memerlukan satu gen untuk mewarisi lesung. Jika salah satu orang tua anda memiliki lesung, maka anda memiliki kesempatan 25 sampai 50 persen mewarisi gen lesung orang tua anda.

Jika kedua orang tua anda memiliki lesung, anda memiliki 50 sampai 100 persen kemungkinan mewarisi gen dan tergantung pada bagaimana orang tua anda mewarisi gen lesung pipit mereka. Jika kedua orang tua anda tidak memiliki pipi lesung, kesempatan anda untuk memiliki lesung terbilang sangat kecil.

Lesung muncul usia muda
Dalam beberapa kasus, ketika seseorang masih muda atau remaja, ia memiliki lesung pipi yang indah. Namun seiring dengan bertambahnya usia, lesung pipinya ternyata berangsur-angsur lenyap dan hilang. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena otot-otot memanjang sehingga lesung tersebut akan menghilang atau berkurang.

Berikut adalah beberapa penyebab lain mengapa lesung pipi bisa muncul di di wajah Anda, sekalipun orang tua anda tidak memiliki genetika lesung:

  • Ada beberapa gen yang mungkin tidak diturunkan dari orang tua anda secara langsung, tetapi dari nenek moyang anda. Gen dapat mengabaikan suatu generasi tertentu dan akhirnya diwariskan kepada anda. 
  • Seperti yang telah dikatakan, lesung bisa memudar selama bertahun-tahun. Ada kemungkinan bahwa lesung orangtua anda memudar selama bertahun-tahun.
  • Lesung juga bisa menjadi hal yang anatomis, bentuk yang unik dari wajah anda atau terdapat kelainan otot tertentu yang dapat mengakibatkan munculnya lesung.
  • Lesung terkadang disebabkan karena adanya lemak yang berlebihan di wajah anda. Lesung ini tidak permanen dan akan hilang setelah kelebihan lemak hilang. Lesung tersebut bukan merupakan indikator yang baik untuk kesehatan dan dapat dihilangkan dengan diet yang tepat dan olahraga yang teratur.

Nah, sekian ulasan tentang penyebab dan faktor yang memicu timbulnya lesung. Berbahagialah bagi anda yang dianugerahi lesung pipi, sebuah kelainan yang membuat senyum anda terlihat manis dan mengagumkan.

Simak juga artikel menarik lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *