Pilih Waxing atau Mencukur? Baca Dulu Sebelum Memutuskan!

by
Pilih Waxing atau Mencukur?

Bagi kaum pria, mencukur merupakan hal yang lazim dilakukan untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Namun bagaimana dengan wanita? Mereka seringkali dibuat bimbang dengan pilihan: cukur vs waxing; mana yang lebih baik?

Sebenarnya, ada beberapa cara / metode untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan di badan. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu cara paling ampuh yang mungkin bisa Anda pertimbangkan adalah menggunakan laser. Meski terbilang cukup efektif, cara ini belum terlalu familiar di kalangan masyarakat dan harganya pun masih mahal.

Terlepas dari metode yang Anda pilih, Anda perlu terlebih dahulu memastikan bahwa cara tersebut benar-benar cocok dan nyaman untuk kulit Anda. Jika metode tersebut justru menimbulkan iritasi pada kulit Anda, sebaiknya Anda mencoba alternatif lain yang tidak berdampak buruk terhadap kulit Anda.

Sejumlah ahli kulit mengatakan orang-orang dengan kulit hiper sensitif disarankan untuk memilih metode mencukur daripada waxing. Sementara bagi mereka yang rambutnya tumbuh cukup cepat, sebaiknya memilih metode waxing agar hasilnya dapat bertahan lebih lama.

Lalu, mana yang lebih baik? Waxing atau mencukur? Jawabannya tentu tergantung pada jenis kulit Anda. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.


Mencukur vs Waxing?


Kelebihan Waxing:

Cara kerja waxing yaitu mencabut rambut di tubuh Anda hingga ke akarnya. Alhasil, rambut Anda akan tumbuh kembali dalam waktu yang cukup lama dan kulit Anda akan terasa lembut. Anda bisa mencoba metode Chocolate waxing yang tidak menimbulkan rasa sakit jika dibandingkan dengan metode waxing lainnya.


Kekurangan Waxing:

Di sisi lain, metode penghilangan rambut dengan waxing dianggap menyakitkan oleh sebagian wanita. Setelah dilakukan proses waxing, kulit yang sensitif akan berwarna kemerahan. Untuk mengembalikan warna kulit seperti sedia kala, dibutuhkan waktu yang lama. Bahkan, metode ini juga dapat menimbulkan sensasi terbakar di kulit.

Kelebihan Mencukur:

Mencukur tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika dibandingkan dengan waxing, mencukur tentu lebih cepat. Anda bisa mencukur dimana pun tanpa bantuan siapapun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat cukur elektrik untuk mempermudah proses mencukur.


Kekurangan Mencukur:

Jika kulit Anda sensitif, mencukur dapat memberikan sensasi gatal. Hasilnya pun tidak akan bertahan lama. Mencukur juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Di samping itu, Anda akan mengalami iritasi kulit jika terkena sinar matahari. Menggunakan pisau cukur sembarangan juga beresiko menimbulkan infeksi pada kulit.

Nah, demikian kelebihan dan kekurangan waxing atau mencukur. Pilihlah metode menghilangkan bulu/rambut sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulit anda agar tidak menyebabkan timbulnya masalah yang merepotkan.


Baca juga: 

Informasi Kesehatan:

  • kelebihan dan kekurangan waxing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *