Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

by
Kiat Meredakan Mual dan Muntah Saat Hamil

Seorang ibu muda hamil biasanya sering mengalami mual dan muntah. Selama tahap awal kehamilan, perasaan mual merupakan hal yang wajar. Inilah masa-masa sangat sulit bagi seorang ibu hamil. 


Anda mungkin akan merasa mual setiap pagi selama beberapa hari. Muntah setelah bangun tidur akan menjadi hal lazim Anda alami setiap hari. Akibatnya, hal itu akan membuat fisik dan pikiran Anda lelah.

Meski mual dan muntah selama kehamilan adalah hal lumrah, Anda juga perlu memiliki kiat khusus agar gejala-gejala tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda seorang pegawai kantoran, hal itu mungkin cukup menyita perhatian Anda.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari solusinya sesegera mungkin. Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara, diantaranya menerapkan pola makan tertentu, mengubah kebiasaan, serta berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. 


Nah, dalam ulasan berikut, kami akan membagikan beberapa kiat sederhana untuk meredakan rasa mual selama masa kehamilan.


Kiat Meredakan Mual dan Muntah Saat Hamil

1. Mengurangi porsi makan
Cobalah untuk mengurangi porsi makan harian Anda. Namun, Anda harus menambah kuantitas jam makan Anda agar perut Anda tidak kosong yang bisa memicu penyakit maag atau kelaparan. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kering.

2. Hindari makanan tertentu
Kenapa Anda merasa mual dan muntah selama kehamilan? Bisa jadi hal itu dikarenakan oleh makanan tertentu. Usahakan untuk menghindari gorengan, makanan berlemak, makanan asam dan pedas. Baca juga: Hindari Mengkonsumsi Buah Ini Ketika Sedang Hamil

3. Pilih makanan yang kaya protein
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan vitamin B seperti yogurt. Cara ini akan membantu Anda mengatasi mual dan muntah selama kehamilan.

4. Biarkan makanan Anda dingin dahulu
Jika makanan hangat justru dapat membuat Anda merasa mual, biarkan dingin terlebih dahulu. Tips ini bisa Anda praktekkan untuk mengatasi rasa mual selama hamil muda.

5. Sediakan camilan
Selalu sediakan camilan berupa biscuit atau kacang-kacangan di dekat tempat tidur Anda sehingga Anda tidak perlu bangun ketika Anda merasa lapar.

6. Perhatikan jadwalnya
Kenali diri Anda. Perhatikan kapan Anda merasa mual serta amati makanan apa yang baru saja Anda konsumsi. Hal ini diperlukan membantu Anda untuk mengatasi penyebab rasa mual saat hamil.

7. Minum cukup air
Sebaiknya Anda tidak banyak mengkonsumsi air putih ketika Anda sedang makan. Namun, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda sepanjang hari. Jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi. Simak juga: 4 Manfaat Penting Olahraga Selama Masa Kehamilan

8. Istirahat yang cukup
Pastikan bahwa Anda mempunyai waktu istirahat yang cukup. Biarkan diri Anda bersantai setelah menjalani aktivitas sepanjang hari. Jika Anda terlalu stres, itu justru dapat memperparah kondisi Anda.

9. Gunakan lemon
Cobalah untuk mencium bau yang melegakan seperti lemon. Potonglah buah lemon menjadi dua lalu cium baunya untuk meredakan mual. Jika Anda menyukai lemon tea, cobalah untuk meminumnya ketika kondisi Anda agak mendingan.

10. Minum wedang jahe
Anda bisa juga meminum wedang jahe untuk meredakan rasa mual jika resep ini cocok bagi Anda. Faktanya, jahe terbukti mampu mengatasi rasa mual. Bahkan, jahe sering dijadikan obat mabuk kendaraan.

11. Berkonsultasi dengan dokter
Berkonsultasi dokter kandungan secara rutin akan sangat membantu Anda untuk mencari solusi yang tepat meredakan gejala mual dan muntah. Dokter nantinya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara untuk menghentikan muntah selama kehamilan.

Nah, demikian tips mengatasi mual dan muntah saat hamil. Semoga dapat bermanfaat. Silahkan simak juga artikel lainnya yang berjudul: Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *