6 Vitamin Penting untuk Tulang Sehat dan Kuat

by
Vitamin untuk Tulang

Vitamin untuk Tulang | Menjaga kesehatan tulang memang sangat mutlak diperlukan. Tanpa adanya tulang, manusia takkan mampu berdiri, duduk, mengunyah makanan, mengetik serta berbagai aktivitas penting lainnya.

Ketika kita tumbuh serta usia semakin bertambah, kepadatan tulang akan berkurang secara perlahan dan resiko terkena osteoporosis pun akan meningkat. Dalam rangka untuk menjaga kesehatan tulang, suatu hal penting untuk memberikan tubuh anda pasokan kalsium dan vitamin yang cukup. Berikut adalah 6 vitamin penting yang berguna untuk menunjang kesehatan tulang.


6 Vitamin Penting untuk Memperkuat Tulang

1. Vitamin D
Untuk mempertahankan tingkat kalsium dan fosfat dalam tubuh, diperlukan jumlah vitamin D yang cukup. Kekurangan vitamin D menyebabkan gangguan tulang. Sementara itu, asam lemak Omega 3 membantu menyerap vitamin D, yang pada gilirannya membantu dalam penyerapan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. 


Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan diet dengan asupan vitamin D yang cukup karena dapat membantu dalam penyerapan kalsium. Baca juga: Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin D

2. Vitamin C
Kerangka jaringan ikat yang kaya kolagen dimana deposisi senyawa kalsium berperan dalam pembentukan tulang. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh kita karena berbagai manfaat didalamnya, termasuk membantu dalam produksi kolagen. 


Selain itu, vitamin C juga membantu dalam kinerja sel blast osteo yang diperlukan dalam pembentukan tulang keras baru. Simak juga: Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin C

3. Vitamin K
Untuk membantu dalam meningkatkan kepadatan mineral pada tulang, kebutuhan vitamin K sangat diperlukan. Jika kepadatan tulang terjaga, anda pun akan terhindar dari patah tulang. Hal ini juga mendukung fungsi pembentukan tulang baru karena dapat menarik kalsium dari darah dan disimpan dalam tulang.

4. Vitamin B12
Vitamin B12 merupakan suplemen vitamin untuk penambah stamina. Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang dengan kekurangan vitamin B12 cenderung menderita keropos tulang. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung banyak B12 agar kesehatan tulang anda terpelihara. Baca juga: Inilah Daftar Makanan Sumber Vitamin B12 Terbaik

5. Kalium
Kalium bertugas dalam menjaga keseimbangan basa dalam tubuh untuk mempertahankan massa tulang. Kalium juga berguna untuk mencegah kalsium keluar dari tubuh, mempertahankan tingkat kalsium dalam tubuh sehingga kebutuhan tulang terpenuhi dalam menopang tubuh.

6. Magnesium
Salah satu mineral yang paling penting untuk tulang selain kalsium adalah magnesium. Dengan asupan magnesium cukup, penyerapan kalsium dalam tubuh akan meningkat. Selain itu, magnesium juga bermanfaat dalam membangun daya tahan tubuh terhadap penyakit yang berhubungan dengan tulang. Penuhi kebutuhan magnesium tubuh anda dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau.


Nah, sekian ulasan tentang 6 vitamin penting untuk memperkuat tulang. Sangat penting untuk memelihara kesehatan tulang sejak usia dini agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang seperti osteoporosis.

Informasi Kesehatan:

  • berikut adalah vitamin yang membantu dalam pembentukan tulang yaitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *