10 Jenis Minyak Esensial untuk Menjaga Kesehatan

by
10 Jenis Minyak Esensial untuk Menjaga Kesehatan

Minyak esensial telah digunakan selama ribuan tahun. Khasiatnya yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa efek sanping membuatnya terus populer dan dipercaya. 


Faktanya, ada lebih dari 90 jenis minyak esensial. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Berikut adalah 10 minyak esensial untuk kesehatan yang paling diminati masyarakat.

1. Minyak Lavender
Minyak lavender sangat bermanfaat untuk meringankan insomnia dan stress. Untuk penyembuhan kulit luar, minyak ini juga sangat efektif. Kulit memar, luka bakar ataupun iritasi kulit yang lain dapat diatasi dengan minyak lavender. Minyak lavender juga berfungsi sebagai anti alergi. 


Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

2. Minyak Lemon
Untuk menangani masalah parasit usus, minyak ini adalah yang terbaik. Masyarakat luas mengenal lemon sebagai buah yang memiliki kemampuan untuk membersihkan. Masalah-masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan, tenggorokan dan juga batuk flu dapat diatasi dengan minyak lemon ini. Satu lagi manfaat hebat dari minyak lemon adalah untuk mengobati asam urat.

3. Minyak Peppermint
Minyak yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang baik adalah minyak peppermint. Infeksi pun dapat disembuhkan dengan mudah dengan minyak peppermint. Selain itu, berbagai masalah pencernaan, masalah haid, alergi dan mual juga tidak akan menjadi masalah jika Anda menyediakan minyak peppermint di rumah.

4. Minyak Oregano
Minyak oregano paling tepat untuk mengobati infeksi bakteri, nyeri sendi, peradangan dan juga flu. Masalah pencernaan juga dapat ditangani minyak dari tanaman yang satu ini.

5. Minyak Kayu Putih
Minyak yang disuling dari tanaman melaleuca ini sering digunakan untuk meringankan rasa sakit sebab gigitan serangga dan iritasi kulit. Jenis minyak esensial ini sangat familiar dengan masyarakat. Terlebih, sudah ada beberapa perusahaan yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan minyak kayu putih.

6. Minyak Helichrysum
Salah satu jenis minyak esensial yang sangat berfungsi untuk mempercepat penyembuha luka adalah minyak helichrysum. Minyak ini juga mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan tulang seperti patah tulang, keseleo dan bengkak dengan sangat baik. 


Simak juga: 8 Manfaat Minyak Almond untuk Kecantikan Kulit

7. Minyak Dupa
Minyak dupa dapat ditempelkan langsung pada luka yang asih terbuka. Dengan sangat efektif, minyak ini akan mengurangi rasa sakit dan juga mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat. Regenerasi sel-sel yang rusak pada tubuh akan berjalan lebih cepat.

8. Minyak Cengkeh
Jika Anda merasakan sembelit atau mual, ada baiknya Anda mencoba mengobatinya dengan minyak cengkeh. Minyak cengkeh juga mampu megeluarkan racun dari dalam tubuh.


Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak

9. Minyak Kemenyan
Untuk mengurangi sakit kepala dan peradangan, minyak kemenyam merupakan salah satu minyak esensial yang paling efektif. Bahkan, jika Anda merasa gelisah atau kurang fokus, minyak kemenayan mampu membnatu Anda untuk mendapatkan kondisi pikiran yang prima.

10. Minyak Sereh Dapur
Minyak sereh dapur akan setia untuk menghangatkan kaki Anda selama musing dingin atau penghujan. Saat kram dan nyeri otot, Anda juga dapat mengandalkan minyak esensial ini.

Selain 10 minyak esensial untuk kesehatan yang dijelaskan diatas, masih ada beberapa minyak esensial lain yang juga tidak kalah hebat khasiatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *