15 Manfaat Sehat Berjalan Kaki Setiap Hari

by
15 Manfaat Sehat Berjalan Kaki Setiap Hari

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang memiliki manfaat yang beragam. Berjalan kaki dianggap sebagai olahraga yang paling efektif karena dapat dilakukan oleh siapapun. Studi membuktikan bahwa berjalan kaki dapat mencegah sejumlah penyakit kronis umum seperti diabetes, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Bahkan, dokter merekomendasikan aktivitas jalan kaki sebagai selingan olahraga berat lainnya. Dengan berjalan kaki, fisik dan mental Anda akan terasa segar. Di samping itu, olahraga ini terbilang sangat murah karena tidak memerlukan alat tambahan. Berikut beberapa manfaat berjalan kaki untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Mengurangi lemak tubuh
Berjalan kaki tidak akan membuat Anda lelah, namun manfaatnya tetap luar biasa, seperti penurunan lemak di dalam tubuh.

Kontrol glikemik
Tingkat glukosa darah akan terkendali dengan baik ketika Anda berjalan kaki setelah makan. Tips ini berguna agar metabolisme dalam tubuh tetap terjaga.

Tekanan darah
Salah satu manfaat utama dari berjalan kaki setiap hari yaitu meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan tekanan darah.

Panjang umur
Penelitian telah menunjukkan bahwa risiko kematian orang-orang yang biasa berjalan kaki setiap hari sangatlah rendah. Pasalnya, jalan kaki akan membuat tubuh Anda sehat luar dan dalam.

Radang sendi
Orang yang menderita arthritis biasanya kurang melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasinya, lakukan kegiatan jalan kaki setiap pagi.

Otak
Berjalan kaki juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang berjalan kaki lebih cepat memiliki ingatan dan logika lebih bagus.

Stres
Manfaat lain berjalan kaki setiap hari yakni sebagai obat murah pereda stres. Dengan berjalan kaki, stress yang Anda alami akan menurun secara alami.


Baca juga: 6 Hobi untuk Mengatasi Stres

Kekebalan tubuh
Sel-sel imun akan meningkat ketika Anda berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Anda juga akan meningkat.

Keseimbangan
Berjalan kaki juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan pada orang lanjut usia. Hal ini bermanfaat agar mereka tidak mengalami kecelakaan jatuh atau terpeleset.

Berpikir
Salah satu manfaat dari berjalan kaki yaitu memberi kita kesempatan untuk berpikir, terutama jika berjalan kaki di pagi hari. Ketika berjalan kaki, Anda akan berpikir, menganalisis masalah dan menemukan solusi.

Meditasi
Jika Anda perhatikan, berjalan kaki mirip dengan meditasi. Anda akan menutup diri dari dunia luar dan berbicara dengan diri sendiri ketika sedang berjalan kaki.

Pengambilan keputusan
Ketika Anda merasa kesulitan dalam pengambilan keputusan, berhentilah berpikir lalu alihkan dengan jalan-jalan. Setelah berjalan kaki selama beberapa menit, pikiran Anda akan terasa fresh dan mudah membuat keputusan dan menemukan solusi.

Jantung sehat
Berjalan kaki akan membantu untuk menjaga sirkulasi darah masuk dan keluar dari jantung untuk bekerja dengan cara yang sempurna. Jadi, berjalan kaki juga penting bagi kesehatan jantung Anda.

Berat badan
Cara paling mudah untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh yaitu dengan berjalan kaki selama 30 menit. Akibatnya, berat badan Anda juga akan menurun.


Simak juga: Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Orang Sibuk

Mengenali lingkungan
Berjalan kaki akan membantu Anda dalam menjelajahi dunia serta mengenal lingkungan sekitar. Dengan berjalan kaki, Anda bisa mencium wangi bunga, menikmati udara segar di pagi hari, menyapa tetangga, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat berjalan kaki setiap hari, mudah-mudahan Anda semakin gemar berjalan kaki. Semoga bermanfaat! (mfb/bs) 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *