5 Manfaat Penting Tidur untuk Perkembangan Bayi

by
Manfaat Tidur untuk Bayi

Manfaat Tidur untuk Bayi | Menjadi seorang ibu baru memang bisa menimbulkan perasaan yang luar biasa. Namun hal itu tentu tidak mudah dan sederhana. Anda akan harus menghadapi tantangan baru, tanggung jawab baru yang mengharuskan Anda bekerja cepat dan efisien.

Di tambah lagi, kehadiran si kecil akan menyita banyak waktu untuk merawat serta memanjakannya. Anda juga harus pintar-pintar dalam mengatur waktu untuk memberi ASI, memandikan dan membantu buah hati Anda tidur nyenyak.

Tidur yang cukup untuk bayi yang baru lahir sangatlah penting. Ada banyak sekali manfaat kesehatan tidur untuk bayi. Jika bayi Anda tidak mendapatkan cukup tidur, hal itu dapat mempengaruhi suasana hati serta pertumbuhannya. Baca juga: Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita

Selain bayi, Anda pun perlu tidur nyenyak. Jika si kecil bisa tidur dengan pulas, dampaknya Anda juga akan bisa beristirahat dengan baik. Tugas ibu memang cukup banyak, terutama jika Anda seorang ibu muda.

Anda juga perlu istirahat yang cukup agar suasana hati dan kekuatan fisik tetap terjaga sehingga akan berdampak positif bagi pertumbuhan bayi Anda. Berikut adalah beberapa keutamaan tidur nyenyak bagi bayi yang perlu kita ketahui bersama.


Pertumbuhan bayi
Tidur bagi bayi sangat diperlukan karena dapat membantu tubuh mereka untuk tumbuh dengan baik. Saat bayi tidur dengan baik, sekresi hormon pertumbuhan memungkinkan mereka untuk tumbuh dan menjadi sehat.

Perkembangan otak
Manfaat penting lainnya dari tidur untuk bayi yaitu perkembangan otak yang sehat. Jika bayi Anda mendapatkan cukup tidur (dua kali sehari), otak mereka akan berkembang lebih cepat dan lebih baik. Jadi semakin banyak bayi tidur, semakin cerdas pula anak Anda kelak.

Pertumbuhan sistem syaraf pusat
Inilah salah satu alasan penting mengapa tidur untuk bayi yang baru lahir adalah sesuatu yang wajib. Para ahli mengatakan bahwa jika bayi mendapat waktu tidur yang cukup, sistem saraf pusat akan berkembang dengan baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan waktu tidur yang tepat.

Mood
Semakin banyak bayi tidur, mereka akan merasa semakin rileks. Hal ini berguna agar bayi lebih gemar tersenyum dan tertawa bukannya malah sering menangis sepanjang waktu.

Imunitas yang kuat
Jika bayi Anda mendapatkan tidur yang cukup, sistem kekebalannya akan meningkat yang berguna dalam mencegah penyakit. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai seorang ibu adalah memastikan bayi Anda mendapatkan tidur yang cukup.

Responsif dan interaktif
Jika Anda mencermati perilaku bayi ketika sedang tidur, ia seringkali akan tersenyum atau bergerak dengan sendirinya. Hal ini dikenal sebagai tidur aktif. Pada tahap ini, meskipun tubuh anak Anda beristirahat, otaknya tetap bekerja alias aktif. Kondisi ini terjadi lebih kurang selama 60 menit.

Bahkan, menurut hasil studi, ketika bayi berada dalam kondisi tidur nyenyak, sebagian besar perkembangan, termasuk fungsi otak, sedang berlangsung.

Nah, sekian ulasan 5 manfaat tidur cukup untuk perkembangan bayi. Sebagai seorang ibu yang baik, Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk memastikan bahwa bayi Anda bisa tidur dengan pulas dan cukup. (mfb/bs)


Simak artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *