8 Cara Ampuh Mengatasi Panas Dalam

by

Panas dalam merupakan suatu kondisi alami dan lazim dialami oleh siapapun. Namun, jika gangguan panas dalam tersebut berlangsung lama, alangkah baiknya segera diobati.

Ketika Anda berolahraga secara intens atau melakukan pekerjaan yang melelahkan, tubuh Anda secara alami akan memanas. Selain itu, saat Anda mengalami demam atau perubahan cuaca, suhu tubuh juga akan meningkat. Bahkan, bagi sebagian orang, mengkonsumsi obat-obatan dapat meningkatkan panas tubuh.

Tidak hanya itu, jika panas dalam yang Anda alami sudah terlalu parah, hidung Anda akan mimisan. Cara paling simpel dan mudah untuk mengatasinya yaitu dengan memenuhi asupan air putih setiap hari. Berikut beberapa tips ampuh untuk mencegah dan mengatasi panas dalam.

1. Gorengan
Untuk mencegah panas dalam, sebaiknya anda menghindari makanan gorengan. Makanan serba berminyak berperan penting dalam meningkatkan suhu tubuh.

2. Minyak Kelapa
Sangat dianjurkan untuk menggunakan minyak kelapa untuk memasak dibandingkan jenis minyak lainnya ketika Anda mengalami gangguan panas dalam.

3. Sodium
Ketika anda menderita panas dalam, hindari mengkonsumsi sodium / garam karena dapat memicu peningkatan suhu di dalam tubuh.


Simak juga: Mineral Penting yang Dibutuhkan Tubuh

4. Minyak Almond
Campur beberapa tetes minyak almond dalam jus delima, lalu minumlah di pagi hari. Resep ini sangat ampuh untuk mengendalikan panas tubuh.


Baca juga: 8 Manfaat Minyak Almond untuk Kecantikan

5. Makanan Pedas
Makanan pedas dapat memicu peningkatan suhu tubuh. Oleh sebab itu, sangat disarankan menghindari makanan serba pedas ketika mengalami panas dalam.

6. Merendam Kaki
Merendam kaki Anda dalam air dingin dapat membantu dalam pendinginan sistem dalam tubuh. Lakukan cara ini ketika Anda menderita panas dalam.

7. Diet Sayuran
Cara lain untuk mengontrol panas tubuh adalah dengan mengurangi asupan daging serta meningkatkan asupan sayur mayur.

8. Kacang-kacangan
Selama beberapa hari, cobalah untuk membatasi asupan kacang karena dapat meningkatkan panas tubuh Anda. Jika Anda masih ingin memakannya, cobalah untuk membatasinya seminggu sekali.


Nah, itu tadi beberapa tips ampuh untuk meredakan panas dalam. Selain ampuh dan alami, tips-tips di atas tidak memiliki efek samping apapun sehingga aman untuk kesehatan Anda. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *