Cara Jitu Menghindari Junk Food

by
Cara Jitu Menghindari Junk Food

Mengubah kebiasaan dari gemar makan junk food beralih ke makanan sehat memang sulit dilakukan. Makanan gurih dan manis, seperti keripik, gorengan, atau cokelat akan menjadi ujian yang sangat berat untuk disingkirkan begitu saja.

Hal ini terjadi karena sebagian besar makanan olahan dibuat dengan kombinasi cerdas dari gula, garam, lemak, dan bahan kimia lainnya yang dirancang untuk membuat Anda ingin makan lebih banyak dan bikin ketagihan. Jika kebiasaan makanan junk food tersebut tidak segera Anda hentikan, gangguan kesehatan, seperti peningkatan berat badan dan kolesterol, cepat atau lambat akan Anda alami.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengubah kebiasaan makan kita demi kesehatan jangka panjang. Meski tidak mudah, Anda harus terus mencobanya. berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menghindari junk food dan menggantinya dengan makan makanan sehat.


Solusi Tepat Menghindari Junk Food


Mengubah rutinitas
Menurut sebuah riset, dibutuhkan waktu hanya tiga minggu untuk menerapkan perilaku tertentu menjadi suatu kebiasaan. Jadi jika Anda memiliki kebiasaan makan coklat setiap malam, cobalah untuk meminum secangkir teh hijau sebagai gantinya. Lalukan cara ini selama tiga minggu, niscaya akan menjadi kebiasaan.

Makan junk food hanya sesekali
Anda tetap diperbolehkan mengkonsumsi makanan olahan seperti keripik, kue, cokelat, biskuit, dan permen, namun dengan kuantitas dan kualitas yang seminimal mungkin. Jangan jadikan aktivitas mengemil makanan junkfood sebagai rutinitas, tapi sebatas memenuhi keinginan saja. Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan dan sayuran segar yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menyiapkan bekal makanan sehat
Junkfood memang lebih mudah didapatkan dan gampang dibawa kemana-mana. Oleh karenanya, Anda harus kreatif dalam mengolah makanan sehat agar mudah dibawa dan bisa dikonsumsi kapanpun Anda mau seperti halnya junkfood.

Sebagai contoh, malam sebelum besok pergi ke kantor, siapkan dulu bekal makanan yang terbuat dari kombinasi salad dan buah-buahan yang sudah dipotong-potong kecil. Taruh di dalam kulkas. Keesokan harinya, Anda tinggal membawanya berangkat kerja tanpa harus merasa direpotkan atau terburu-buru.

Sediakan stok makanan sehat
Biasakan untuk membeli beberapa jenis buah untuk persediaan di kulkas selama satu minggu. Hal ini penting jika setiap kali Anda kepengen ngemil makanan yang manis, Anda bisa langsung mengambil buah dari kulkas. 


Selain mengenyangkan, mengkonsumsi buah akan menekan hasrat Anda makan makanan manis yang tidak sehat.

Mengenal makanan favorit
Setiap orang pasti mempunyai makanan kesukaan yang sulit untuk ditolak. Makanan tersebut biasanya memiliki rasa manis atau gurih. Cobalah untuk mengenali makanan favorit Anda serta jauhkan makanan tersebut dari sisi Anda.

Anda tentu boleh mengkonsumsi makanan tersebut asalkan dalam jumlah porsi yang sedikit dan bukan untuk tujuan mengenyangkan.

Mengunyah makanan dengan baik
Ketika Anda mengkonsumsi junk food, usahakan untuk mengunyahnya secara perlahan-lahan. Semakin lama Anda menghabiskan makanan tersebut, semakin sedikit porsi yang Anda makan. Pastikan Anda telah selesai mengunyah satu gigitan makanan junkfood sebelum mengambil potongan berikutnya.

Melihat kandungan makanan
Salah satu cara untuk meredam hasrat Anda mengkonsumsi junk food yaitu dengan melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui bahan dan proses produksi makanan favorit Anda tersebut. Temukan kandungan atau bahan yang sekiranya membuat Anda jijik atau eneg sehingga Anda akan berpikir dua kali untuk memakannya.

Sebagai contoh, saus pada jajanan yang dijual di pinggir jalan memiliki pewarna yang berbahaya. Warna merah yang mencolok itu merupakan pewarna yang juga digunakan untuk pewarna tekstil atau pakaian. Bisa dibayangkan, makanan yang Anda konsumsi ternyata mengandung zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Demikian tadi beberapa tips sederhana untuk mengubahkan kebiasaan mengkonsumsi junk food dan beralih ke makanan sehat. Meski tidak mudah, Anda harus tetap berusaha dan pantang menyerah untuk mencobanya demi masa depan yang lebih sehat terhindar dari penyakit. (mfb/hmu)

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *