Benarkah Renang Bisa Menurunkan Berat Badan?

by
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berenang

Renang merupakan salah satu jenis olahraga dengan beragam manfaat. Selain berguna untuk menjaga kebugaran dan pergerakan sendi, berenang juga bagus untuk mencegah peradangan dalam tubuh serta menurunkan risiko berbagai penyakit degeneratif. Namun, benarkah renang dapat membantu dalam menurunkan berat badan?

Biasanya, ketika seseorang melakukan olahraga baru, ia akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena tubuh menghadapi tantangan baru dan mengerahkan upaya yang maksimal untuk membakar banyak kalori. Tapi seiring berjalannya waktu, tubuh akan beradaptasi dengan olahraga tersebut, sehingga kalori yang terbakar akan lebih sedikit.

Jadi, kesimpulannya adalah jika Anda baru saja mulai berolahraga, berenang merupakan kegiatan fisik yang bagus untuk menurunkan kalori serta berat badan asalkan Anda juga menjaga pola makan sehari-hari.

Simak juga: Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Diet Madu


Tapi bagaimana caranya agar berenang dapat digunakan untuk menunjang program diet atau menjaga berat badan tetap ideal?

Seperti halnya jogging atau bersepeda, berenang adalah salah satu jenis latihan cardio. Tapi sekali lagi, jika Anda melakukan gerakan yang sama secara terus menerus, berenang tidak akan berdampak apa-apa terhadap berat badan Anda.

Berenang gaya bebas, kupu-kupu atau dada dapat membakar hingga 350 kalori per 30 menit jika dilakukan dengan serius. Sementara renang santai dapat membakar hanya 200-250 kalori per 30 menit. Jika Anda menambahkan satu jam lagi, Anda akan membakar 400-700 kalori tubuh Anda per jamnya.

Akan tetapi, jika Anda hendak menurunkan berat badan, ada beberapa faktor lain yang harus Anda perhatikan, yaitu:


Kombinasi latihan

Berenang mungkin olahraga yang berat. Namun, untuk menurunkan berat badan, Anda juga perlu mengkombinasikannya dengan jenis olahraga lainnya, seperti yoga atau gym untuk membentuk otot-otot dalam tubuh Anda.


Meningkatkan metabolisme

Berlari sangat bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Tapi siapa bilang Anda tidak bisa mencoba sprint di kolam renang? Lakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian berenanglah satu putaran secepat yang Anda bisa. Berhenti kemudian berenang lagi perlahan-lahan. Dan begitu seterusnya.

Lakukan gerakan tersebut setidaknya 6 sampai 8 kali untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Meningkatkan metabolisme sangat penting dan diperlukan dalam proses penurunan berat badan.


Pola makan yang tepat

Setiap latihan harus dilengkapi dengan pola makan yang tepat. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, Anda perlu juga mengatur pola makan, seperti asupan kalori dan protein.

Sebagai penutup, jika Anda berniat menurunkan berat badan dengan berenang, kami menyarankan Anda untuk melakukan jenis olahraga lainnya serta dibarengi dengan pola makan yang seimbang, niscaya Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan. (mfb/hmu)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *