Inilah 8 Gejala Umum Virus Ebola

by
8 Gejala Umum Virus Ebola

Sekarang ini, dunia dihebohkan dengan virus yang cukup mematikan, yaitu Ebola. Terlebih, belum ada pengobatan yang bisa dibilang pas untuk penderita virus ini. Yang bisa dokter lakukan hanyalah memberikan isolaso ekstrim. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi setiap orang untuk dapat sebisa mungkin menghindari virus ini.

Beberapa ahli kesehatan pun mulai mengenalkan gejala virus ini dengan harapan agar masyarakat luas dapat segera berkonsultasi pada dokter ketika mereka mendapatkan salah satu gejalanya. Dengan begitu, diharapkan jumlah korban virus Ebola akan menurun. Berikut adalah 8 gejala umum virus Ebola.

1. Demam Ringan
Pada awalnya, seseorang yang terjangkit virus Ebola akan mengalami demam ringan. Demam ini datang beriringan dengan sakit kepala dan mudah lelah. Gejala ringan tersebut sering diabaikan oleh kebanyakan masyarakat. Namun, jika Anda mengalaminya dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. 


Ini dia: 11 Mineral Penting yang Dibutuhkan Tubuh

2. Nyeri Ketika Demam
Seiring virus Ebola menyebar dalam tubuh, demam yang dirasakan si penderita pun kian parah. Kemudian, si penderita akan mulai merasakan nyeri di otot-ototnya. Semakin lama dibiarkan, nyeri yang dirasakan akan semakin menyakitkan.

3. Sakit Perut
Gejala yang mungkin muncul setelahnya adalah sakit perut. Walaupun terkadang rasa sakit pada perut sedikit mereda, namun tidak adanya penanganan membuatnya bahkan semakin parah. Pada beberapa kasus, setelah sakit perut, terjadi infeksi yang cukup membahayakan.

4. Muntah dan Diare
Infeksi yang terjadi diperut sangat mungkin untuk membuat si penderita mengalami muntah dan diare. Ketidaknyamanan ini sebenarnya tergantung dari dayang tahan tubuh si penderita itu sendiri. 


Simak juga: 9 Warna Kencing dan Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

5. Pendarahan
Virus yang semakin menyebar dalam tubuh akan menyebabkan pendarahan yang cukup hebat. Bahkan, beberapa penderita mengakui mengalami pendarahan dari mata dan telinga mereka. Beberapa penderita yang lain mengalami pendarahan dari gusi dan hidung. Yang terparah, pedarahan di organ internal penderita dapat menyebabkan hal yang fatal.

6. Kulit Memar
Selain berbagai masalah kesehatan di atas, virus Ebola juga akan membuat kulit si penderita memar. Seiring berkembangnya virus dalam tubuh, kulit penderita bisa saja sampai mengelupas.

7. Gagal Organ
Semakin lama virus Ebola menguasai tubuh penderita, organ-organ dalam tubuh gagal berfungsi dengan semestinya. Umumnya, yang diderita korban virus Ebola adalah gagal ginjal. Gejala ini menunjukkan bahwa si penderita sudah memasuki tahap kritis.


Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

8. Koma
Yang terakhir, jika penanganan virus tidak tepat dan cepat, penderita bisa memasuki tahap koma. Jika jumlah trombosit si penderita terus menurun, kematian mungkin akan menjadi jalan terakhirnya.

Dengan mengetahui 8 gejala umum virus Ebola, diharapkan masyarakat semakin waspada. Jika mengalami gejala-gejala yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. (mfb/mfw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *