7 Alasan Kenapa Kamu Harus Push-Up Setiap Hari

by
Manfaat Push-up

Siapa yang tidak mengenal push-up? Suatu gerakan sederhana dengan cara menyeimbangkan dan menjaga tubuh agar tetap horizontal dengan menggunakan kedua tangan dan jari-jari kaki. Pada posisi seperti itu, menggerakan tubuh ke atas dan ke bawah mampu memperkuat beberapa bagian tubuh.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa para binaragawan terhebat pun tetap melakukan push up sebagai pemanasan latihan mereka. Faktanya, berbagai manfaat mengagumkan dari push-up memang sangat berguna untuk siapapun.

1. Gratis
Jika beberapa jenis olahraga mengharuskan kamu menggunakan peralatan yang terbilang mahal, lain halnya dengan push-up. Kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk melakukan olahraga ini.

Kamu juga tidak memerlukan pelatih atau datang ke gym. Yang kamu perlukan adalah niat yang kuat untuk melakukan olahraga ini secara rutin dan berkesinambungan.


Baca juga: 10 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

2. Melibatkan Berbagai Otot
Gerakan push-up melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Namun, efek push-up akan berpengaruh langsung pada bagian trisep, dada dan bahu.

3. Dapat Divariasikan
Push-up sangatlah sederhana. Kamu dapat melakukan gerakan push-up dimanapun dan kapanpun. Bahkan, kamu dapat membuat variasi dan gaya push-up versimu sendiri. Perubahan gaya push-up juga akan meningkatkan intensitas dorongan terhadap otot.

4. Manfaat Kardiovaskular
Jika dilakukan secara teratur, push-up dapat membakar lemak dan membangun otot-otot di tubuhmu. Manfaat ini sebenarnya akan kamu rasakan jika dibarengi dengan dengan latihan kardio.

5. Menguatkan Otot Perut
Dengan melakukan push-up, otot perut akan semakin kuat dan kencang. Oleh karenanya, push-up sering dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

6. Memperkuat Tulang Misa
Push-up yang dilakukan secara teratur akan menguatkan tulang misa, yaitu tulang sekitar bahu, lengan, siku dan pergelangan tangan. Bahkan, pada usia tua, kamu akan memiliki tulang kuat jika rutin melakukan push-up. 


Simak juga: Makanan Sehat untuk Memperkuat Tulang

7. Melancarkan Metabolisme
Salah satu manfaat kesehatan dari push-up adalah untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga, lemak yang tertimbun dalam tubuhmu akan terbakar dengan mudah.

Nah, itu tadi 7 manfaat push-up secara rutin. Luar biasa kan? So, tunggu apa lagi. Tidak ada salahnya jika mulai detik ini kamu membiasakan diri untuk melakukan push-up setiap hari. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • yhs-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *