Manfaat Penting Klorofil untuk Kesehatan

by
Manfaat Penting Klorofil untuk Kesehatan

Klorofil sebenarnya bukanlah istilah yang asing bagi banyak orang. Kita sudah familiar dengan istilah ini sejak masih berada di bangku sekolah dasar. Klorofil adalah pigmen hijau yang sangat penting bagi tanaman untuk menyediakan makanan mereka sendiri melalui proses fotosintesis. Itu sebabnya daun berwarna hijau karena terdapat kandungan klorofil di dalamnya.

Kita tahu bahwa klorofil mempunyai peran yang sangat penting bagi tanaman. Tidak hanya itu, zat hijau daun ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bahkan, klorofil digunakan sebagai suplemen kesehatan dan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat klorofil bagi kesehatan.


Klorofil dan darah

Jika pusat molekul darah manusia adalah zat besi, maka pusat molekul klorofil adalah magnesium. Di dalam tubuh manusia, klorofil ‘menukar’ magnesium menjadi zat besi serta menyuplai oksigen yang diperlukan untuk jaringan tubuh dan sel. Klorofil juga berguna untuk memperkuat organ penghasil darah, meningkatkan produksi RBC, dan mencegah anemia. Baca juga: Makanan Sehat Penurun Kolesterol


Bertindak sebagai antioksidan

Klorofil memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu meluruhkan zat karsinogen yang beracun bagi tubuh kita. Tak heran jika klorofil kerap digunakan sebagai suplemen harian agar tidak mudah sakit.


Melawan infeksi

Klorofil memiliki sifat yang dapat membunuh bakteri berbahaya. Zat ini juga memiliki sifat antiseptik yang berguna untuk membunuh kuman dengan memperkuat jaringan. Klorofil juga membantu dalam pembekuan darah normal dan penyembuhan luka sehingga mencegah penyebaran infeksi.


Mencegah batu ginjal

Kehadiran Vitamin K dalam klorofil membantu untuk membentuk senyawa penting dalam urin yang membantu dalam mengurangi pertumbuhan kristal kalsium oksalat yang merupakan penyebab utama pembentukan batu ginjal.


Melancarkan pencernaan

Sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi dan berguna untuk membersihkan usus. Selain itu, klorofil juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Bagi mereka yang mempunyai masalah dengan pencernaan, sangat disrankan untuk mengkonsumsi klorofil secara rutin.


Menghilangkan bau badan

Klorofil membantu menghilangkan bau badan yang tak sedap, diantaranya di mulut dan ketiak. Di samping itu, dengan mengkonsumsi klorofil secara rutin, urin Anda tidak akan berbau terlalu menyengat serta mampu menyembuhkan luka dengan cepat.


Bagus untuk pankreatitis

Klorofil bisa juga disuntikkan ke pembuluh darah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan penyakit pankreatitis kronis.


Menurunkan berat badan

Klorofil membantu dalam mengendalikan nafsu makan dengan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi klorofil sangat bagus untuk mengekang nafsu makan yang nantinya akan berdampak pada penurunan berat badan.


Klorofil dan kanker

Penyakit kanker muncul karena adanya zat beracun yang disebut karsinogen berhasil merusak gen dan sel-sel dalam tubuh. Klorofilin, turunan klorofil mengganti magnesium dengan tembaga yang berguna untuk mengikat karsinogen dari makanan. Dengan demikian, DNA dan organ lain dari tubuh, terutama hati terhindar dari kerusakan.


Menenangkan saraf

Klorofil juga dapat berfungsi untuk menenangkan saraf dan membuat tubuh terhindar dari kelelahan. Selain manfaat kesehatan yang telah disebutkan di atas, klorofil dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sinusitis, infeksi pernapasan, dan demam.

Bahkan, sebuah studi telah membuktikan bahwa klorofil juga efektif dalam menjaga keseimbangan hormonal pada laki-laki maupun perempuan. Asupan harian klorofil dalam jumlah yang sesuai sangat baik untuk menjaga kesehatan serta menstabilkan energi tubuh.

Adapun sumber utama klorofil adalah sayuran hijau. Selalu sertakan sayuran hijau dalam menu harian Anda seperti bayam, selada, seledri, kemangi, dll. Meskipun sayuran hijau merupakan sumber utama klorofil, sebagian besar klorofil seringkali hilang karena proses pemasakan yang kurang tepat. Baca: Cara Memasak Sayur dengan Tepat. Namun Anda tak perlu khawatir, saat ini ada banyak sekali suplemen makanan yang mengandung klorofil. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *