10 Manfaat Menakjubkan Puasa Secara Teratur

by
10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Selain sebagai bentuk amalan ibadah, puasa kini telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Banyak penelitian ilmiah telah menyimpulkan bahwa berpuasa, ketika dilakukan dengan benar, memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tidak hanya berdampak positif terhadap jasmani Anda, puasa diyakini dapat membua pikiran makin tajam dan membuat suasana hati menjadi tenang dan damai. Berikut sejumlah manfaat penting puasa yang dilakukan secara rutin. Apalagi bagi Anda yang gemar menjalani puasa Senin Kamis. Yuk kita simak bersama.

10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan


Puasa mempercepat fungsi otak

Puasa meningkatkan produksi protein tertentu yang disebut BDNF. BDNF ini nantinya bertanggung jawab untuk mengubah sel induk otak menjadi neuron baru yang mengaktifkan beberapa bahan kimia lain yang membantu kesehatan saraf. BDNF juga melindungi sel-sel otak dari perubahan yang tidak diinginkan terkait dengan penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.


Puasa meningkatkan sensitivitas insulin

Puasa juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang memungkinkan tubuh Anda untuk memproses karbohidrat secara lebih baik. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa setelah masa puasa berakhir, sel-sel tubuh lebih mampu menyerap glukosa dari darah.


Puasa meningkatkan imunitas

Hewan memiliki insting primal untuk berhenti makan ketika mereka sakit untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka, sehingga tubuh mereka dapat fokus dalam memerangi infeksi. Sistem tersebut juga berlaku ketika Anda sedang berpuasa.

Dengan berpuasa, tubuh akan berusaha untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan mengatur respon inflamasi tubuh dan mencegah pembentukan sel kanker.


Puasa membantu menurunkan berat badan

Puasa dapat menjadi cara yang bagus untuk menurunkan berat badan secara alami. Dengan menjalani puasa selama beberapa jam sehari, tubuh akan membakar sel-sel lemak secara efektif dibandingkan dengan diet. Sebab, tubuh Anda akan menggunakan lemak sebagai sumber energi utama, bukan gula. Bahkan, ada banyak atlet yang menjalani puasa sebagai sarana untuk mengurangi persentase lemak dalam tubuh mereka.


Puasa meningkatkan metabolisme

Puasa memungkinkan sistem pencernaan Anda untuk beristirahat. Alhasil, metabolisme tubuh Anda berjalan cepat serta pembakaran kalori dalam tubuh lebih efisien. Selain itu, puasa juga mampu mengatur sistem pencernaan dan meningkatkan gerakan usus.


Puasa memperbaiki pola makan

Gaya hidup modern memaksa seseorang untuk melakoni pola makan yang buruk, seperti junkfood dan makanan gorengan. Hal ini tentu akan berdampak buruk dalam jangka panjang yang memicu munculnya masalah kesehatan seperti obesitas dan kolesterol. Dengan rutin berpuasa, gaya hidup Anda terutama dalam hal makan akan terkontrol dengan baik.


Puasa meningkatkan rasa lapar

Puasa membantu mengatur hormon yang menyebabkan rasa lapar dalam tubuh Anda. Kebanyakan orang tidak dapat memahami sinyal lapar yang tepat, sehingga mereka akhirnya selalu merasa kenyang karena pola makan yang salah. Akibatnya, muncullah masalah pencernaan seperti maag. Puasa membantu tubuh Anda mengirimkan sinyal lapar yang tepat, sehingga Anda akan merasa lapar di saat yang tepat.


Puasa membuat umur panjang

Pola makan seseorang berhubungan erat dengan umur mereka. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lebih sedikit Anda makan, maka semakin panjang usia Anda. Ketika usia Anda semakin bertambah, metabolisme tubuh Anda akan semakin melambat dan lebih efisien. Oleh karena itu, lebih sedikit Anda makan, lebih sedikit pula beban sistem pencernaan Anda.


Puasa mencerahkan kulit

Ketika tubuh diistirahatkan dari proses pencernaan, tubuh Anda akan terfokus untuk meregenerasi sistem yang lain. Puasa membantu detoksifikasi tubuh dan mengatur fungsi organ-organ lain, seperti hati dan ginjal, dan lainnya sehingga membuat kulit Anda sehat dan cerah. Orang yang berpuasa secara teratur juga memiliki kulit bersih terhindar dari jerawat.


Puasa meningkatkan suasana hati

Ketika sistem pencernaan Anda tidak memproses makanan alias beristirahat, tubuh memiliki lebih banyak energi, karena sistem pencernaan paling banyak membutuhkan energi dalam tubuh. Dengan berpuasa, batin Anda merasa lebih tenang dan kualitas keimanan Anda akan semakin meningkat.


Nah, demikian 10 manfaat puasa untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Tidak hanya pahala dan ketenangan jiwa yang Anda dapatkan, tubuh Anda akan sehat serta panjang umur dengan melakukan puasa secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *