10 Cara Alami untuk Meredakan Nyeri Bahu

by

Nyeri bahu atau bahu kaku menjadi masalah yang kerap dialami baik pria maupun wanita. Nyeri bahu dapat disebabkan oleh posisi duduk yang sama dalam waktu yang lama, kram otot bahu, berolahraga berat atau kegiatan aktif lainnya. Nyeri bahu juga bisa disebabkan oleh keseleo otot karena mengangkat beban terlalu berat.

10 Cara Alami untuk Meredakan Nyeri Bahu

Selama olahraga berat atau bekerja keras, asam laktat akan terakumulasi dalam otot bahu sehingga menyebabkan kelelahan. Namun, Anda tak perlu khawatir. Dalam ulasan berikut ini, kami bagikan beberapa cara alami untuk menyembuhkan nyeri bahu termasuk leher. Mau tahu resepnya? Yuk kita simak bersama.

  • Terapi Es

Untuk meredakan nyeri bahu, Anda bisa mengompresnya dengan es. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir nyeri secara instan. Lakukan kompres es selama 15 menit pada area yang terasa sakit.

  • Mengangkat Bahu

Mengangkat bahu secara berulang-ulang juga efektif untuk merileksasi bahu yang kaku. Cara tersebut berfungsi untuk menghilangkan akumulasi asam laktat penyebab nyeri bahu. Lakukan beberapa kali dalam sehari terutama saat nyeri bahu kambuh.

  • Pijat

Memijat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat memijat dengan salep analgesik atau gel yang akan diserap ke dalam otot dan memiliki sifat menghilangkan rasa sakit. Oleskan salep pada otot bahu dan leher, kemudian pijat dengan lembut.

  • Istirahat

Cara paling sederhana untuk mengatasi nyeri pada bahu dan leher yaitu dengan istirahat sejenak. Selain itu, istirahat juga menyembuhkan otot serta memberi waktu bagi otot untuk kembali rileks. Sebaiknya beristirahatlah dengan bantal siku dan berbaring ke satu sisi agar sirkulasi darah ke bahu lancar.

  • Mengganti Bantal

Bisa jadi nyeri bahu atau leher yang Anda alami karena salah bantal. Kalau sudah seperti itu, sangat disarankan untuk mengganti bantal. Pilihlah bantal yang tidak terlalu lembut atau terlalu keras. Intinya, gunakan bantal yang nyaman dan pas untuk Anda.

  • Penuhi Nutrisi Otot

Terkadang, nyeri otot termasuk nyeri bahu bisa muncul karena kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, kalsium, vitamin dan mineral. Untuk itu, penuhi asupan otot Anda dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, misalnya daging, kacang-kacangan, ikan berlemak dan ayam.

  • Makanan Pereda Nyeri Otot

Salah satu cara lain yang ampuh meredakan nyeri bahu yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat capsaicin, seperti cabai. Zat tersebut selain berkhasiat menghilangkan rasa sakit, juga memiliki sifat anti-inflamasi. Anda dapat menambahkannya ke dalam makanan harian Anda untuk meringankan nyeri bahu.

  • Rosemary

Tidak hanya memiliki anti inflamasi, rosemary juga dapat menghilangkan rasa sakit dan anti spasmodik. Oleh karenanya, rosemary sangat cocok dipakai untuk dalam mengurangi nyeri bahu. Rebus beberapa rosemary dalam air selama beberapa menit untuk mendapatkan ekstraknya. Rendam kain katun ke dalam ekstrak rosemary lalu tempelkan pada bahu yang sakit, niscaya nyeri bahu akan reda dalam sekejap.

  • Peregangan

Jika Anda kerap merasakan nyeri bahu, melakukan peregangan bisa menjadi cara paling mudah untuk mengatasinya. Tips ini akan membuat otot-otot bahu Anda rileks. Peregangan juga bisa dilakukan dengan jalan-jalan jika Anda terlalu lama duduk mengerjakan tugas atau di depan layar komputer.

  • Hindari Merokok

Merokok juga bisa menjadi penyebab nyeri bahu. Pasalnya, merokok dapat menghambat sirkulasi darah ke seluruh tubuh, terutama di area yang nyeri. Selain rokok, nyeri bahu juga bisa disebabkan konsumsi obat-obatan.

Demikian 10 cara alami untuk meredakan nyeri bahu dan leher. Hindari untuk melakukan aktivitas tertentu yang terlalu berat atau lama agar otot bahu Anda tidak tegang. Jika sudah terasa lelah, cobalah ambil waktu sebentar untuk beristirahat. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *