10 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Terlanjur Berjerawat

by
Tips Jika Jerawat Terlanjur Muncul

Jerawat bisa muncul kapanpun dan dimanapun tanpa kita sadari. Ketika jerawat tiba-tiba tumbuh di wajahmu, sebaiknya kamu tidak melakukan hal-hal yang bisa memperparah kondisi jerawatmu, seperti menyentuh atau bahkan memencetnya.

Karena menurut para ahli kesehatan, saat kamu memencet jerawat, bakteri di dalamnya akan menyebar luas di permukaan wajah. Bakteri tersebut nantinya akan memicu munculnya jerawat lain.

Ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika wajahmu berjerawat. Misalnya saja membiarkan rambut menutupi wajahmu. Rambut yang menyentuh wajah akan memicu jerawat, karena minyak dari rambut membawa bakteri sehingga berpotensi menginfeksi kulit.

Cukup merepotkan memang. Tapi untuk mendapatkan kulit wajah bebas dari jerawat, kamu memang harus sedikit ‘berkorban’ dan lebih ‘menyayangi’ kondisi wajahmu. Berikut 10 hal yang harus kamu lakukan ketika jerawat terlanjur muncul di wajahmu.

1. Jangan menyentuhnya
Jika wajahmu sudah dipenuhi jerawat, sebaiknya tidak menyentuhnya. Dengan menyentuhnya, bakteri yang ada di tanganmu akan berpotensi memunculkan lebih banyak jerawat baru.

2. Jangan memencetnya
Salah satu hal penting yang tidak boleh dilakukan ketika wajahmu berjerawat adalah memecetnya. Jika kamu ngotot melakukannya, hal itu justru akan merusak kulitmu dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. 

Simak juga: Bahaya Memencet Jerawat

3. Hindari menggunakan scrub yang keras
Pemakaian scrub yang keras akan merusak lapisan pada kulit dan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, hindari pemakaian scrub jika kamu belum terlalu mengerti atau bisa juga konsultasikan dahulu dengan dokter spesialis kulit.

4. Sering mencuci muka
Jika jerawat sudah muncul, basuhlah wajahmu dengan air mengalir lebih sering dari biasanya. Namun, jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan kandungan minyak di wajah berkurang sehingga membuat wajah kering dan kusam.

5. Menyingkirkan rambut
Salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah menyingkirkan rambut yang menutupi wajahmu. Minyak dari rambut tidak baik untuk kulit dan dapat memicu munculnya jerawat baru.

6. Gunakan dry wash
Usahakan untuk membersihkan wajahmu dengan dry wash. Bila kamu memakai krim anti minyak, hal itu justru akan memicu lebih banyak jerawat. 

Baca juga: Inilah 10 Mitos Seputar Jerawat

7. Manfaatkan tisu
Tisu adalah lap terbaik yang bisa kamu gunakan ketika wajahmu berjerawat. Hindari menggunakan handuk karena jika jerawatmu pecah, bakterinya akan menempel di handuk dan bisa menyebar di seluruh wajahmu.

8. Hindari memijat dengan minyak
Usahakan untuk tidak melakukan pijat minyak ketika berjerawat. Meskipun banyak orang menganjurkannya, sebaiknya hindari cara tersebut.

9. Manfaatkan lidah buaya
Lidah buaya terbukti menjadi obat alami untuk berbagai jenis keperluan, termasuk merawat kulit berjerawat. Gunakan lidah buaya untuk mengatasinya.

10. Hindari makanan berminyak
Meski secara tidak langsung berhubungan dengan jerawat, makanan berminyak sebaiknya dihindari ketika berjerawat. Fungsinya adalah menurunkan produksi minyak dalam kulit yang dapat memicu jerawat baru.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Nah, itulah 10 hal penting yang harus kamu lakukan ketika muncul jerawat di wajahmu. Dengan langkah di atas, jerawat yang terlanjur tumbuh di wajahmu niscaya dapat diatasi dengan tepat sehingga tidak memicu munculnya jerawat baru yang dapat menurunkan kepercayaan dirimu. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • apa yang harus dilakukan saat jerawat muncul
  • hal yabg harus dilakukan saat jerawat mjncul
  • hal yang harus di lakukan saat berjerawat
  • apanyang harus dilakukan jika terdapat jerawat ?
  • apa yang harus saya lakukan saat tumbuh jerawat
  • hala penting yang dilakukan saat wajah berjerawat
  • Apa yang harus dilakukan pada jerawat yang timbul
  • apa yang harus dilakukan ketika muncul jerawat baru?
  • Apa yang harus dilakukan jika tumbuh jerawat
  • apa yang harus dilakukan jika muncul jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *