10 Makanan Tepat untuk Mencegah Osteoporosis

by
10 Makanan Tepat untuk Mencegah Osteoporosis pada Wanita

Osteoporosis merupakan suatu istilah kedokteran yang sering diartikan sebagai “tulang keropos”. Osteoporosis terjadi akibat minimnya kepadatan dan kualitas tulang sehingga menjadikannya sedikit demi sedikit tergerus dan akhirnya keropos.

Faktanya, osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita ketimbang pada pria. Hal ini dikarenakan tulang wanita lebih tipis dibanding tulang pria. Ditambah lagi, estrogen, hormone yang melindungi tulang pada wanita, akan menurun secara drastis saat wanita memasuki masa menopause, menjadikan proses osteoporosis semakin cepat terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah 10 makanan untuk mencegah osteoporosis.

1. Produk susu
Sejumlah produk susu, seperti yogurt dan keju kaya akan kalsium sehingga sangat tepa bila dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis.

2. Telur
Dalam telur, tidak hanya mengandung kalsium, tapi juga vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Kandungan tersebut membuat telur dianggap salah satu makanan terbaik untuk osteoporosis.


Baca juga: Fakta Tentang Osteoporosis yang Perlu Anda Ketahui

3. JusBerbagai jus buah seperti jus apel, pisang, jeruk, ataupun jus dari sayur seperti jus bayam, dan jus wortel sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Konsumsi jus yang bervariasi setiap hari akan menjadi suplemen untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh.

4. Sereal
Sereal merupakan salah satu sumber serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Serat dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh kita. Selain kaya akan serat, sereal juga dikenal sebagai sumber magnesium dan mineral lain yang baik untuk tulang.


Simak juga: 6 Vitamin Penting untuk Kesehatan Tulang

5. Hati Sapi
Hati dari sapi dikenal mengandung vitamin A dengan konsentrasi yang tinggi. Setiap potong hati sapi mengandung 4 kali asupan harian vitamin A yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Hati sapi juga kaya akan mineral, termasuk di dalamnya fosfor, selenium, zink, tembaga, dan zat besi. Mineral-mineral tersebut dalam tubuh akan mendukung kesehatan tulang.

6. Ikan
Sudah tidak diragukan lagi tentang kayanya kalsium yang terkandung dalam ikan, terutama ikan berlemak seperti mackerel, tuna, salmon. Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tulang.

7. Sayuran berdaun gelap
Alangkah baiknya, kita memakan setidaknya lima porsi sayuran setiap hari. Sayur dengan warna daun hijau gelap kaya akan kalsium dan zat besi yang membantu menjaga gigi dan tulang tetap kuat.

8. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kenari yang mengandung asam lemak omega-3 atau kacang tanah dan almond yang mengandung kalsium, menggantikan kalsium yang keluar bersamaan dengan urin.

9. Buncis
Buncis adalah tanaman yang terkenal sebagai sumber protein dan kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang.

10. Kacang polong
Kacang polong dan kedelai dapat meningkatkan kepadatan tulang yang secara otomatis mengurangi resiko osteoporosis.

Tidak ada kata terlalu tua atau terlalu muda untuk mencegah osteoporosis. Sebelum terlambat, cobalah untuk memperbaiki pola makan dan gaya hidup Anda. Bagi para wanita, semoga ulasan tentang 10 makanan tepat untuk mengatasi osteoporosis pada wanita di atas dapat bermanfaat sehingga Anda memiliki kepadatan tulang yang bagus. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *