Awas! Inilah Gejala Dini Penyakit Stroke

by
Gejala dan Tanda Penyakit Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling mengerikan di dunia. Orang yang terkena stroke biasanya mengalami kelumpuhan, baik di bagian tubuh tertentu maupun seluruh tubuh. Bahkan, jika penyakit ini tidak segera diatasi, bisa berakibat kematian.

Selain itu, gejala penyakit stroke terkadang sulit terdekteksi. Orang yang secara kasat mata sehat pun bisa terjangkit penyakit mematikan ini. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui gejala stroke sedari awal.

Penyakit stroke muncul karena aliran darah ke otak mengalami gangguan. Padahal, aliran darah tersebut berfungsi untuk menyuplai nutrisi penting dan oksigen ke sel-sel otak. Gangguan itu (penyakit stroke) timbul karena dua penyebab.

Pertama, pembuluh darah arteri tersumbat oleh gumpalan sehingga menghambat aliran darah yang memasok darah ke otak. Gangguan ini disebut stroke iskemik. Kedua, penyakit stroke bisa datang ketika arteri yang memasok darah ke otak pecah karena tekanan darah tinggi. Stroke ini dinamakan hemorrhagic stroke.


Gejala dan Tanda Penyakit Stroke


1. Cacat Fisik
Ketika pasokan darah ke otak terhambat, sel-sel otak mulai mati dan terjadi kerusakan otak. Nah, ketika bagian otak yang berfungsi mengendalikan anggota badan mati, maka lumpuhlah anggota badan tersebut. Tidak hanya fisik, Anda pun bisa mengalami cacat wicara dan lupa ingatan.

2. Lumpuh
Jika stroke minor, maka kelemahan kecil tangan atau kaki terjadi. Tetapi juga bisa menjadi stroke mayor di mana pasien dapat lumpuh di satu sisi atau kehilangan kemampuan mereka untuk berbicara. Sel-sel otak biasanya meninggal tak lama setelah stroke dimulai. Namun, jika suplai darah tidak sepenuhnya terputus maka ada kesempatan untuk bertahan hidup dan sel darah dapat berlangsung selama beberapa jam sebelum mereka mati.

3. Mini Stroke (Transient Ischemic Attack)
Untuk sejumlah kasus, jika aliran darah dapat berjalan normal kembali pasca serangan stroke, sel-sel di otak berfungsi lagi. Gejala ini disebut mini stroke, yaitu penyumbatan sementara yang tidak menyebabkan kerusakan otak permanen. Namun, gejala ini tidak boleh diremehkan begitu saja. Karena jika tidak segera ditangani akan muncul gejala stroke lainnya yang bersifat permanen.

4. Peringatan Stroke
Dengan mengetahui gejala-gejala awal stroke, Anda dapat segera mencari bantuan medis jika gejala-gejala tersebut tiba-tiba muncul. Beberapa orang dapat sembuh secara total dari stroke, namun tak jarang pula yang berakhir dengan kelumpuhan hingga kematian. Penyakit stroke bisa datang kapapun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala stroke agar bisa cepat diatasi.

5. Lumpuh atau Mati Rasa
Lumpuh atau mati rasa adalah salah satu tanda stroke yang cukup mengkhawatirkan. Seseorang yang terkena stroke akan mengalami mati rasa pada otot wajah, lengan, tungkai atau bahkan di salah satu sisi tubuh. Kadang-kadang pasien bisa lumpuh total dan tidak mampu mengangkat lengan. Dalam kasus lain, bentuk wajah tidak simetris ketika mencoba untuk berbicara atau tersenyum.

6. Sulit Berbicara

Untuk sejumlah pasien stroke, mereka akan kesulitan dalam hal bekomunikasi, seperti mengucapkan kata-kata, memahami pembicaraan, membuat kalimat logis atau bahkan bingung untuk memahami pernyataan atau perintah.

7. Mendadak Buta

Pasien stroke akan kehilangan penglihatan, terutama pada salah satu mata. Inilah tanda lain gejala penyakit stroke.

Simak juga: Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Otak

8. Mati Indera

Ketika terserang stroke, sejumlah pasien akan mengalami mati rasa indera, seperti indera perasa, penciuman, dan pendengaran. Hal ini terjadi karena syaraf indera yang berada di otak telah mati.

9. Kehilangan Keseimbangan dan Koordinasi

Beberapa pasien stroke biasanya mengalami pusing dan vertigo disertai muntah, mual, demam atau kehilangan kesadaran. Seringkali mereka akan kesulitan untuk berjalan. Hal itu dikarenakan mereka kehilangan keseimbangan dan koordinasi.

10. Sering Sakit Kepala

Sakit kepala yang mendadak dan disertai dengan hilangnya kesadaran bisa menjadi tanda awal penyakit stroke.

Baca juga: Dampak Negatif Menjadi Perokok Pasif

11. Refleks Menurun

Pasien stroke juga akan mengalami penurunan reflex. Contohnya, mereka akan kesulitan menelan makanan. Saking sulitnya, makanan harus dipaksa masuk dengan bantuan alat.

12. Bantuan Darurat

Jika Anda atau siapapun yang mengalami gejala-gejala di atas, jangan ragu-ragu untuk pergi ke rumah sakit. Dengan penanganan medis yang cepat, nyawa pasien stroke akan tertolong.

13. Memeriksa Gejala Stroke

Jika Anda tidak yakin dengan gejala stroke, cobalah untuk melakukan tes sederhana berikut ini.

  • Otot-otot wajah: Mintalah pasien untuk tersenyum. Jika ia bisa tersenyum dengan baik dan simetris, berarti ia tidak sedang mengalami stroke.
  • Tangan: Mintalah pasien mengangkat kedua tangannya bersama-sama. Jika ia tidak bisa mengangkat salah satu tangannya, bisa jadi ia terkena stroke.
  • Berbicara: Mintalah pasien untuk mengatakan kalimat sederhana. Periksa apakah ucapannya aneh atau tidak jelas.


Nah, itu tadi beberapa gejala penyakit stroke. Dengan memahami gejala stroke dengan tepat, pasien pun akan mendapatkan penanganan medis secara tepat. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *