Cara Efektif untuk Mengobati Sakit Perut Secara Alami

by

Nyeri di perut dapat disebabkan oleh berbagai alasan seperti gangguan pencernaan, keasaman, sembelit, alergi makanan, gas dalam perut, makanan beracun, diare, luka di perut atau usus, usus buntu, batu kandung empedu, batu ginjal, dll.

 

Cara Efektif untuk Mengobati Sakit Perut Secara Alami


Sakit perut terkadang berkaitan dengan gejala lain seperti demam, muntah, nyeri atau bengkak di perut. Gejala-gejala ini merupakan indikasi adanya infeksi pada organ perut. Anda harus segera mencari bantuan medis jika sakit perut yang Anda alami juga dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti demam.

Jika penyebab sakit perut yang Anda derita karena masalah pencernaan, asam lambung, sembelit, kembung, atau luka di organ perut, obat-obatan herbal sudah cukup untuk meredakannya. Berikut kami bagikan beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit perut.

  • Jahe

Manfaat tanaman jahe memang luar biasa dahsyatnya. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Anda dapat memanfaatkan wedang jahe untuk meredakan sakit perut. Selain itu, jahe hangat juga berguna untuk mengurangi mual dan muntah. Agar terasa lebih nikmat, Anda dapat menambahkan madu.

  • Air Garam Hangat

Air garam hangat juga bisa berkhasiat untuk mengobati sakit perut. Campurkan satu atau dua sendok teh garam dalam air hangat, lalu aduk rata. Segera minum air tersebut untuk meredakan sakit perut.

  • Cuka Sari Apel

Salah satu solusi alami untuk mengobati sakit perut adalah cuka sari apel. Selain itu, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral. Zat ini juga memiliki sifat anti-septik dan sangat efektif dalam mengurangi sakit perut. Caranya, encerkan tiga sendok teh cuka sari apel dalam segelas air hangat suam. Minum ini tiga kali sehari sebelum makan.

  • Daun Mint

Di samping berkhasiat untuk meredakan sakit perut dan kram, daun mint ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, mual dan muntah. Cukup dikunyah daunnya atau bisa juga dibuat minuman hangat.

  • Air Lemon

Lemon juga sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit perut yang disertai mual dan muntah. Campurkan tiga sendok lemon dalam segelas air hangat suam. Minum tiga kali sehari.

  • Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat astringent. Selain dapat membunuh infeksi dan dapat menghentikan pendarahan internal, zat yang terkandung di dalamnya berfungsi menenangkan perut, memperbaiki pencernaan, menyembuhkan sembelit dan mengurangi rasa sakit perut dan kram. Buatlah jus lidah buaya dalam segelas air dan konsumsilah setiap pagi.

  • Makanan HambarĀ 

Anda harus menghindari makanan pedas dan makanan berminyak karena jenis makanan tersebut umumnya menjadi penyebab sakit perut. Pilihlah makanan berserat serta mudah dicerna dan menenangkan perut.

  • Kompres Air Hangat

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk meredakan sakit perut. Isi botol dengan air hangat. Lalu gunakan botol tersebut untuk mengompres perut Anda yang sakit. Lakukan selama 5 menit dan ulangi lagi sampai perut terasa nyaman.

Nah, sekian ulasan beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit perut. Biasanya, makanan menjadi faktor utama kenapa perut Anda bermasalah. Oleh sebab itu, jaga pola makan Anda serta cukupi kebutuhan air minum harian Anda, minimal 8 gelas per hari. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • manfaat air garam untuk sakit perut
  • air garam untuk sakit perut
  • air hangat dan garam untuk sakit perut
  • gunanya garam untyk obat sakit perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *