Cara Pemanasan yang Baik dan Benar Sebelum Olahraga

by

Banyak orang seringkali mengabaikan proses pemanasan sebelum olahraga. Padahal, pemanasan sangatlah penting dan dibutuhkan sebagai persiapan tubuh Anda sebelum olahraga. Jika pemanasan tidak benar, risiko mengalami cedera akan semakin tinggi.

Cara Pemanasan yang Baik dan Benar Sebelum Olahraga

Karena saking bersemangat untuk memulai berolahraga, terkadang kita lupa melakukan sesi pemanasan. Faktanya, pemanasan sebelum olahraga sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Jika tubuh Anda tidak siap, olahraga justru akan membahayakan fisik Anda. Apalagi, jenis olahraga yang Anda lakukan adalah jenis olahraga berat, seperti angkat beban atau sepak bola.

Tanpa pemanasan, Anda akan mengalami banyak kesulitan. Pertama, Anda kemungkinan tidak maksimal dalam berolahraga. Pasalnya, tubuh Anda belum cukup panas untuk bekerja secara optimal. Kedua, jika Anda mengalami cedera, proses penyembuhannya pun akan berlangsung lama. Selain itu, olahraga tanpa pemanasan juga tidak sehat bagi jantung Anda. Berikut jenis-jenis pemanasan sebelum olahraga.

  • Berjalan kaki

Sebelum Anda memulai olahraga, lakukan pemanasan minimal jalan kaki beberapa langkah. Hal ini sangat membantu dalam proses persiapan tubuh Anda untuk melakukan gerakan fisik secara intens.

  • Putar dan Peregangan

Tujuan utama dari gerakan ini adalah untuk melonggarkan dan meregangkan bagian tubuh Anda dengan cara yang lembut. Mulailah dari kaki ke tangan, atau sebaliknya. Cobalah untuk meregangkan semua bagian tubuh Anda secara perlahan. Putar tangan dan pergelangan tangan. Selain itu, jangan lupa untuk memutar pinggang Anda dengan lembut searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

  • Jogging di Tempat

Lakukan jogging di tempat selama beberapa menit. Cara ini akan mulai memompa jantung Anda sehingga tubuh Anda akan siap dalam menjalani aktivitas fisik yang berat.

  • Jumping Jack

Lakukan jumping jack setidaknya 25 kali. Gerakan ini akan mempersiapkan tubuh Anda dengan memanaskan sistem yang ada dalam tubuh. Lompatlah tinggi-tinggi dan lakukan dengan penuh semangat sehingga tingkat antusiasme Anda semakin terdorong. Baca juga: Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Squats Tanpa Beban

Lakukan squad tanpa beban beberapa repetisi. Gerakan ini akan menghangatkan kaki Anda dan membuatnya siap untuk latihan. Di samping itu, kaki Anda akan siap untuk menghadapi olahraga intens.

Nah, itu tadi beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga agar otot-otot tubuh tidak stres dan tegang. Jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan setelah olahraga. Karena proses pendinginan akan berguna untuk mempercepat pemulihan sehingga risiko pegal-pegal dan kelelahan akan dapat diminimalkan. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • cara pemanasan fisik yg baik
  • sebutkan syarat syarat pemanasan yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *